Cara Membuat Puisi yang Baik dan Benar 100% Gampang Banget!

Apakah kalian semua pernah mencoba untuk membuat puisi? Saya rasa pasti pernah. Maupun itu hanya tugas sekolah atupun itu adalah hobi kalian. Sekarang kita akan membahas cara membuat puisi.

Memang kalau dilihat membuat puisi itu sangatlah mudah. Tetapi pada dasarnya kita haruslah memperhatikan isi puisi tersebut supaya indah ketika dibaca.

Selain indah. Puisi yang kita tulis harus mudah untuk dipahami oleh pembaca. Sekarang kita akan membahas cara membuat puisi dengan mudah dan benar.

Menentukan Tema dan Judul Puisi

Menentukan Tema dan Judul Puisi
sevenmusic.co.id

 

Kita harus menentukan sebuah tema yang kita inginkan untuk menjadi bahan dasar ketika kita menulis puisi supaya nantinya puisi yang kita tulis akan semakin indah.

Kita harus sebisa mungkin memilih tema yang menarik, dan kalau bisa kita mencari tema bedasarkan apa yang sedang kita kita alami saat ini.

Perasaan yang sedang kita rasakan bisa kita jadikan sebagai bahan untuk kita menulis puisi. Dengan perasaan yang kita salurkan menjadi puisi, ini akan memberi kesan lebih kepada puisi yang kita tulis.

Setelah temu sudah kita tentukan. Selanjutnya kita harus mencari judul yang pas untuk tema yang akan kita bawakan untuk bahan menulis puisi.

Menentukan Kata Kunci

Menentukan Kata Kunci
dailysocial.id

Setelah kita sudah menentukan tema yang menarik dan mendapatkan judulnya. Maka langkah selanjutnya kita harus menentukan kata kunci untuk di kembangkan menjadi sebuah puisi.

Lalu kita harus menemukan kata kunci yang berkaitan dengan tema dan judul kita. Misalnya anda memilih tema cinta, maka anda harus mencari kata kunci seputar cinta.

Ketika kamu sudan menemukan kata kunci untuk tema yang kamu ingin tulis. Kamu hanya tinggal mengembangkan kata kunci tersebut dengan kalimat atau puisi.

Satu kata kunci biasanya digunakan untuk satu lirik. Tapi bisa juga dikembangkan menjadi satu bait puisi yang begitu indah dan menarik.

Menggunakan Gaya Bahasa

Menggunakan Gaya Bahasa
agenafrakids.wordpress.com

Langkah berikutnya untuk membuat puisi adalah dengan menggunakan gaya bahasa. Misalnya menggunakan majas perbandingan dan majas yang lain.

Gaya bahasa sangat penting untuk membuat sebuah puisi menjadi lebih hidup dan berwarna. Dengan adanya gaya bahasa ini sebuah puisi akan memiliki keunikan tersendiri.

Puisi tanpa menggunakan gaya bahasa akan menjadi tidak menarik dan tentunya tidak asik untuk di baca ataupun didengar.

Membuat Puisi Menjadi Indah

Membuat Puisi Menjadi Indah
id.pinterest.com

Selanjutnya kita harus membuat puisi ini menjadi indah dan penuh makna. Rangkailah semua kata menjadi sebuah lirik. Dengan lirik itu kembangkanlah menjadi bait-bait puisi.

Kebangkanlah lirik-lirik itu menjadi sebuah puisi yang penuh makna. Puisi bukan tulisan biasa. Kalian harus membuatnya dengan indah.

Pilihlah kata-kata yang indah untuk menciptakan sebuah puisi yang indah dan juga bermakna.

Baca juga: Pengertian Puisi Besarta Unsur-Unsurnya, Langsung di Baca Ajah!

Kreatif

Kreatif
izzysabki.wordpress.com

Kreatif ini sangat dibutuhkan karena dapat membuat kita semakin maju dalam melakukan hal-hal dalam kehidupan kita. Begitu juga dengan cara membuat puisi. Anda akan menemukan kemudahan jika anda kreatif.

Berikut contoh sikap kreatif dalam membuat puisi:

Ketika menulis puisi sering kali kita hanya mendapatkan ide satu baris atau dua baris bait yang terkadang itu acak dan tidak jelas.

Namun anda harus membuat bait-bait puisi itu menjadi jelas dan bermakna. Caranya dengan menambah satu atau dua kalimat yang berhubungan dengan kalimat acak tadi.

Ada beberapa hal yang wajib kalian ketahui untuk bisa menemukan ide untuk kalimat acak tadi. Ini dia idenya:

  • Cari beberapa karya puisi. Kemudian anda ambil beberapa kalimat dari puisi tersebut untuk anda cocokan dengan kalimat acak anda.
  • Tuliskanlah apapun kalimat atau kata yang terlintas di kepala anda ketika anda sedang memikirkan ide untuk puisi anda. Biarkan semua mengalir dan spontan keluar dari dalam hati anda.
  • Membaca puisi orang lain. Dengan kita banyak membaca maka kita akan semakin mendapatkan banyak ide dan wawasan.

Dalam rangka pembelajaran. Anda harus pintar untuk mengolah kata supaya kata yang dihasilkan bisa mempunya makna dan tentu indah.

Lupakan dulu tentang semua aturan yang tadi sudah saya jelaskan diatas. Sekarang anda hanya fokus pada poin-poin berikut:

  • Pada tahap awal saya menginginkan anda menulis puisi dengan bebas. Sesuai dengan apa yang ada di pikiran anda.
  • Meskipun hasilnya tidak terlalu jelas. Tetapi pada dasarnya keindahan puisi akan tercipta pada proses penulisannya.
  • Menulislah sesuai dengan pikiran anda. Biarkanlah mengalir dengan sendirinya.

Tingkatkan Kualitas Puisi

Tingkatkan Kualitas Puisi
www.aut.ac.nz

Cara membuat puisi yang sebenarnya adalah disini. Mungkin anda sudah mencoba mambuat beberapa bait puisi. Namun jangan bangga. Karena semua ini baru saja dimulai.

Anda harus melakukan perubahan terhadap puisi-puisi anda. Ini sangat penting. Karena anda tidak akan bisa menciptakan sebuah puisi hebat tanpa langkah-langkah berikut.

1. Kurangi kata-kata yang mungkin tidak penting. Ambilah kata-kata yang bermakna dan pilihlah semua kata dengan teliti. Gunakanlah kata-kata sinonim supaya lebih menarik.

2. Jika anda sudah menemukan kata-kata yang pas untuk puisi anda. Berarti anda hanya tinggal menyusunnya menjadi sebuah kalimat yang indah dan penuh makna.

3. Selanjutnya anda harus memisahkan kembali kata-kata yang mungkin kurang pas atau kurang bermakna, dan anda bisa mengantinya dengan kata-kata tebaik.

Ternyata dalam membuat puisi diperlukan gambar ataupun deskripsi. Supaya pembaca akan terbawa arus makna puisi yang kalian buat.

Di bawah ini adalah contoh untuk mempertimbangkan deskripsi yang akan kita buat:

1. Puisi yang sangat berkualitas tinggi dan tidak hanya sekedar itu. Tapi bisa memberikan banyak nilai lebih dan menarik untuk dibaca.

2. Menceritakan hal-hal yang memang jelas. Tunjukan kepada pembacanya dengan apa yan ingin kita sampaikan. Dengan syarat harus jelas da terarah.

3. Sering kali kata-kata abstrak menjadi senjata jitu untuk para penulis puisi. Tetapi hal abstrak tersebut harus benar-benar dipikirkan matang-matang. Seperti contoh berikut:

Ketika sinar mentari sepi, dan kian memudar
Saat isyaratmu, dedaunan  
Siang seperti hendak tenggelam
Wahai lembayun senja, apakah malam segera menjemput?

Kata “dedaunan” disini memberikan kesan lebih nyata kepada pembaca. Anda juga bisa menggunakan kata bunga ataupun sejenisnya. Sesuai selera anda.

4. Berikan kesan dan pesan diakhir puisi. Di setiap akhir puisi haruslah terdapat kalimat penutup untuk menjelaskan intisari maksud puisi tersebut.

Kesan yang indah akan selalu diingat oleh pembaca dan mungkin para pembaca akan marenungkan puisi kita setelah dia membacanya.

3. Jadikan Puisi Anda Lebih Hidup

Jadikan Puisi Anda Lebih Hidup
id.aliexpress.com

Ini merupakan tahapan terakhir dalam pembuatan puisi. Saya percaya kalau anda sudah menciptakah satu atau dua buah puisi yang pasti mengikuti cara membuat puisi di atas.

Apakan anda sudah puas dengan puisi yang anda buat? Kalau belum puas. Beikut masih ada bebera cara membuat puisi tahat terakhir.

A. Baca dan dengarkan puisi yang sudah anda buat. Dengan anda membaca puisi anda sendiri. Anda bisa menilai dan merasakannya secara langsung, dan anda dapat menilainya. Layak atau tidak untuk dibaca orang.

Membacanya harus dengan suara yang lantang. Layaknya seseorang yang sedang baca di atas panggung. Tandai semua kekurangan yang anda dapati pada puisi anda.

Karena ini masih tahap belajar. Anda tidak harus memikirkan tentang irama terlebih dahulu. Anda hanya harus membuat puisi yang penuh makna dan juga menarik.

B. Perbaiki kesalah yang anda temukan pada puisi. Setelah anda membaca dan mendengarkannya. Sekarang saatnya anda membetulkan mana saja kalimat atau kata yang kurang pas.

Ada orang yang benar sudah mempunyai jiwa yang luas untuk sekedar menulis puisi dan bisa sekali langsung jadi. Ada juga orang yang harus berkali-kali mengulang untuk sekedar membuat puisi.

Jangan takut mengulang puisi anda yang memang belum pas untuk dibaca. Karena puisi haruslah indah dan juga enak untuk dibaca semua orang.

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan. Jangan pernah berhenti mencoba dan terus berusaha. Kita yakin kalau kita pasti bisa.

Tambahan yang terakhir.

Tips Cara Membuat Puisi

1. Harus bersikap dewasa dengan semua keputusan dan ikhlas menerima keritikan. Karena kita yakin bahwa keritik orang membuat kita menjadi lebih baik.

2. Jangan malu bertanya kepada seseorang yang bisa mendukung anda, kalau memang tidak tau. Hargai karya orang, dan semoga karyamu juga bisa dihargai.

3. Dalam proses menulis puisi dibutuhkan pikiran yang tenang. Karena kugundahan bisa saja memberikan hasil puisi yang kurang baik.

4. Ide-ide kadang muncul tanpa terduga. Segeralah menulis puisi debelum ide itu menghilang dari benak anda.

5. Lakukanlah semua ini dengan istiqomah dan ikhlas. Nanti ada saatnya anda akan menjadi penyair hebat. InsyaAllah.

 

Eh Komen Dong..

%d blogger menyukai ini: