Jenis-Jenis Puisi Beserta Pengertiannya. Langsung di Simak Ya Guys!

Hallo sahabat hijrah. Kali ini, saya akan membahas tentang jenis-jenis puisi yang kalian harus tau. Puisi banyak sekali penggemarnya, mulai dari yang muda sampai yang tua.

Puisi sendiri mempunyai keunikan yang menjadi ciri khasnya. Gaya bahasanya yang sangat sastra dan kata-katanya yang selalu menyentuh jiwa.

Puisi sendiri adalah ungkapan pikiran atau perasaan yang menggunakan keindahan kata-kata sebagai pondasinya. Untuk membuat puisi, anda harus tau jenis-jenis puisi berikut ini.

Membuat puisi harus dengan langkah-langkah berikut. Menggunakan irama dan penyusunan kalimat menjadi bait. Selain itu puisi juga terdapat beberapa jenis-jenis puisi. Berikut penjelasannya:

Jenis-Jenis Puisi Naratif

Jenis-Jenis Puisi Naratif
pustakapantundanpuisi.blogspot.com

Puisi naratif adalah sebuah ungkapan penjelasan dan cerita seorang penyair. Biasanya penyair menceritakan apa yang sedang dialaminya.

Puisi ini juga terbagi lagi dalam beberapa bagian. Yaitu balada dan romansa. Balada adalah sebuah cerita atau penjelasan tentang tokoh perkasa atau pejuang.

Sedangkan romansa adalah sebuah puisi yang menggunakan kata-kata romantis untuk semua kata-katanya. Romansa ini biasanya dipakai dalam puisi tentang cinta, petualangan dan perkelahian.

Contoh puisi naratif:

Terbaring tak berdaya di taman tua
Sebuah pistol terdapat ditangan dan bolong dijidatnya
Mereka melihatnya tanpa ada rasa duka
Angin berhilir bak tembaga

***

Itu dia contoh puisi naratif. Intinya puisi naratif adalah rangkaian puisi yang menjelaskan tentang cinta, petualangan dan perkelahian.

Baca juga: Kumpulan Puisi Tentang Alam dan Beberapa Hikmah yang Bisa Kita Ambil

Jenis-Jenis Puisi Lirik

Jenis-Jenis Puisi Lirik
kaskus.co.id

Jenis-jenis puisi lirik terbagi mejadi beberapa macam diantaranya adalah ode, elegi dan serenada. Itu semua termasuk dalam jenis-jenis puisi lirik.

  • Elegi merupakan jenis puisi yang menceritakan tentang kesedihan. Misalkan ditinggal orang yang kita sayang, atau melihat negara ini tidak tumbuh berkembang.
  • Serenada adalah sebuah puisi yang dapat dinyanyikan. Kata serenada pun bermaksud nyanyian yang tepat untuk dinyanyikan di waktu senja.
  • Serenada pun terbagi dalam beberapa macam warna. Ada serenada biru, serenada hitam, dan serenada merah jambu. Masing-masing memiliki arti yang berbeda-beda.
  • Warna-warna tersebut melambangkan karakter sifat ada cinta, kecewa dan juga sedih
  • Ode merupakan jenis puisi yang bertujuan untuk menyanjung seseorang atau juga berisikan pujaan terhadap seseorang. Bisa juga suatu keadaan atau suatu hal.
  • Ode sendiri banyak ditulis untuk pemujaan tokoh-tokoh yang sangat dikagumi. Misalkan Ir. Soekarno dan Bung Hatta.

Jenis-Jenis Puisi Deskriptif

Jenis-Jenis Puisi Deskriptif
hetboekenschap.nl

Nah, dalam jenis puisi kali ini bergaya memberi kesan terhadap suatu peristiwa atau keadaan. Bisa juga terhadap benda atau suasana yang menjadi daya tarik bagi sang penyair.

Puisi yang sudah termasuk dalam puisi deskriptif adalah puisi satire dan puisi yang mempunyai sifat kritik sosial. Berikut penjelasannya:

  • Satire adalah sebuah perasaan tidak puas terhadap suatu keadaan atau suasana. Mengungkapkannya dengan cara menyindir dan mengatakan kebalikannya.
  • Puisi kritik sosial merupakan ungkapan ketidak puasan penyair terhadap keadaan atau diri seseorang. Pesan sang penyair juga dapat dirasakan pada puisi impresionistik yang mengungkapkan kesan pada sesuatu hal.

Nah, sampai disini dulu penjelasan tentang beberapa jenis puisi yang harus kita ketahui untuk mempermudah kita dalam menulis puisi.

Langsung coba lagi deh membuat puisinya. Dijamin pasti akan semakin indah puisi buatan kalian. Selamat mencoba dan terus semangat.

Eh Komen Dong..

%d blogger menyukai ini: