20+ Makanan Khas India yang Super Duper Menggoda Lidah dan Mata

India terkenal sebagai salah satu negara yang mempunyai banyak ragam kuliner. Karena hal itu kita tidak akan susah menemukan makanan khas India di beberapa negara.

Biasanya restoran India di luar negeri menyediakan menu-menu terfaforit mereka agar bisa menarik banyak penikmat makanan mereka.

Ciri-ciri makanan khas India yaitu menggunakan bahan dasar seprti sayuran dan kaya akan rempah. Pasti akan menjadi pengalaman tersendiri bagi orang Indonesia apabila mencoba makanan khas India yang tentu sangat nikmat.

1. Makanan Khas India Biryani

 Makanan Khas India Biryani
cookinglight.com

Biryani adalah makanan khas India berupa nasi yang dimasak bersama dengan rempah-rempah, lalu ditambah dengan daging atau sayuran.

Nama biryani berasal dari persia “beryan” yang artinya panggang atau goreng. Zaman dahulu beras digoreng di dalam minyak samin sebelum derebus dengan air bersama rempah-rempah hingga setengah matang.

Biryani terbuat dari beras yang sudah direbus di dalam panci. ketika beras setengah matang, kemudian dicampur dengan kaldu berbumbu, dan ditutup kembali didalam panci. Masak hingga kaldu benar-benar meresap kedalam nasi.

Banyak sekali sebutan untuk makanan yang satu ini. Ada yang bilang biryani, beryani, biriani, atau nasi briyani.

Meskipun mempunyai banyak nama, namun nasi biryani ini adalah salah satu makanan rumahan ala India yang sangan mengendalkan banyak sekali rempah-rempah, mulai dari kapulaga sampai ketumbar.

Satu hal yang gak boleh hilang dari nasi briyani ini adalah beras basmati yang mempunyai ciri khas tersendiri.

2. Butter Chicken

Butter Chicken
dinnerthendessert.com

Butter chicken adalah salah satu masakan khas India favorit yang gampan di temukan dimana-mana.

Masakan ini bukanlah ayam campur mentega seperti yang di sajikan di Cina sana. Masakan yang satu ini lebih mirip kepada kare ala Jepang yang kaya akan rempah.

Menu yang satu ini pasti membuat kamu selalu ketagihan dan mudah dicari di restoran-restoran yang menjual menu khas India.

3. Idli

 Idli
hungryforever.com

Idli adalah sebuah menu sarapan tradisional dalam rumah tangga di negara India. Idli adalah sebuah kue yang sangat terkenal di seluruh penjuru India dan negara-negara sebelah seperti Sri Lanka.

Kue tersebut sangat populer sebagai menu sarapan khas Insia Selatan. Bentuk dari idli sendiri menyerupai pancake atau mirip dengan serabi ala Indonesia.

Makanan ini terbuat dari fermentasi lentil dan beras yang sudah dikukus dan biasanya dihidangkan bersama dengan kari sayuran pedas.

4. Gulab Jamun

Gulab Jamun
urryzone.ca

India sangatlah terkenal dengan berbagai jenis makanan manisnya atau pencuci mulut. Salah satunya adalah gulab jamun yang menpunyai cita rasa yang sangat manis.

Gulab jamun sendiri terbuat dari adonan yang diolah dari susu dan dibentuk bulat. untuk menambah cita rasa manis pada gulab jamun dengan cara direndam dalam sirup gula yang pasti sangat manis.

5. Kathi Roll

Kathi Roll
hungryforever.com

Street food atau makanan yang terdapat pada penjual jajanan kaki lima juga sangat terkenal di India. Ternyata gak cuma di Indonesia aja yang ada penjual kaki lima.

Makanan yang disediakan juga sangat beraneka ragam, mulai dari makanan berat samapai makanan kecil atau cemilan.

Kathi roll adalah salah satu jajanan yang cukup terkenal di kalangan penjual kaki lima di India. Karena makanan tersebut memilki rasa yang sederhana dan bisa diterima oleh semua kalangan.

Jajanan ini mirip sekali dengan kebab ala timur tengah, yang membuatnya berbeda ialah roti yang membungkusnya. Khati roll menggunakan paratha atau sejenis flat bread atau biasa disebut roti India.

6. Papri Chaat

Papri Chaat
kfisauces.com

Kamu bisa menemukan keberadaan papri chaat ini di India dengan sangat mudahnya. Karena cemilan yang satu ini menjadi snack favorit orang India.

Papri chaat sendiri memiliki rasa yang sangat unik. Mungkin bagi yang belum pernah mencicipi cemilan yang satu ini kalian itu bukan penikmat cemilan sejati.

Adonan yang sangat mirip dengan pangsit gorengan yang didalamnya diisi dengan kentang rebus, kacang polong, dan dilumuri dengan cairan yoghurt.

7. Pani Puri

Pani Puri
sbs.com.au

Jajanan khas kaki lima ini mudah ditemukan di seluruh antera India raya. Pani puri mempunyai ciri khas yang sangat unik asam-manis, teksturnya yang sangat renyah di tambah teksturnya yang begitu menarik.

Pani puri bentuknya mirip sekali dengan bola ubi yang ada di Indonesia, bedanya cemilan yang satu ini memiliki tekstur yang lebih garing dan renyah.

8. Jalebi

Jalebi
indiamart.com

Manisan dari India yang satu ini selalu hadir di rumah-rumah warga India. Jalebi ini bentuknya mirip pretzel bedanya kalau jalebi dilumuri dengan kuah sirup gula yang sangan manis dan kental.

Jalebi bisa dihidangkan pada saat dingin maupun saat panas. tapi kalau manis enaknya di hidangkan ketika sudah dingin.

9. Ayam Tandoori

Ayam Tandoori
azamrussiakita.blogspot.com

Ayam tandori sama favoritnya dengan nasi biryani, ayam panggang khas India ini ternyata juga digemari orang luar negeri termasuk Indonesia.

Ayam panggang dengan warna yang sangat khas meras dangan tekstur yang gurih dan renyah. Ini menjadi salah satu makanan wajib yang harus dicari ketika kamu berada di India.

Daging ayam untuk masakan ini pertama harus direndam adonan susu asam kental yang telah dicampur dengan bawang putih, cabe, jahe dan macam-macam lada India lainnya.

Tergantung dari resep yang dipilih sesuai selera. Kebanyakan  makanan ini dihidangkan pedas. Kemudian dijadikan tidak pedas tergantung negara-negara barat.

Masakan ini dimasak secara tradisional, dimasak didalam oven bawah tanah dengan suhu yang harus tinggi. Tapi dengan kemajuan zaman, masakan ini disiapkan hanya menggunakan panggangan biasa.

10. Dosa

Dosa
wikipedia.com

Di benua Eropa sana ada semacam martabak tetapi teksturnya tipis dan renyah, namanya crepenah dan kalau di India ada yang namanya dosa.

Crepe biasanya dihidangkan dengan taburan topping manis seperti es krim atau buah. Nah, kalau crepe dosa ini bisa dihidangkan kapan saja dan diisi dengan kentang dan dilahap bersama sambar.

11. Rogan Josh

Rogan Josh
recipes.sainsburys.co.uk

Makanan khas India memang selalu tampil indentik dengan kari khasnya. Karena di negara tersebut mempunyai jenis kari yang berbeda-beda.

salah satu yang sangat populer adalah rogan josh. Biasanya kari yang satu ini dihidangkan dengan beberapa potongan daging kambing, tapi ada juga yang menggunakan daging ayam ataupun sapi.

Baca juga: Lagi Laper? 11 Makanan Khas Sunda ini Siap Memanjakan Anda

12. Samosa

Samosa
bbc.com

Samosa adalah semacam gorengan yang berbentuk segitiga. Isinya berupa kentang yang berbumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, ketumbar, bawang bombay dan jenis rempah lainnya.

Makanan ringan ini sudah populer di Asia Tengah, Asia Selatan, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Jazirah Arab.

Samosa vegetarian khas India yang terbuat dari tepung terigu, kentang, bawang bombay, cabe hijau dan rempah-rempah lainnya. Versi nonvegaterian berisi daging ikan atau domba.

Nama samosa berasal dari persia “sanbosag” sebutan lainnya dari berbagai negara diantaranya, sanbusaj dari negara Arab. Sambosa dari negara Afganistan. Samboosa dari negara Tajikistan, dan samsa dari negara Turki.

Snack paling populer di seluruh pelosok India dan sudah sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Ya, gak akan ada yang bisa menolak samosa ketka disajikan ketika hangat.

13. Naan

Naan
hervecuisine.com

Satu lagi yang gak boleh dilewatkan dari sekian masakan India adalan naan. Roti yang ini memang menjadi ciri khas makanan India. Bahkan ada beberapa lauk yang sangak enak jika di makan bersamaan dengan naan ini.

14. Tikka Masala

Tikka Masala
strongertogether.coop

Tikka masala atau biasa disebut kari ayam ini juga sangat terkenal di seluruh kalangan chef dunia. Berarti masakan yang satu ini sangatlah lezat dan juga nikmat.

Bahkan beberapa chef internasional mencoba membuat resepnya. Kari ayam ini dimasak bersamaan dengan tomat, cream, dan juga yoghurt.

15. Vada

Vada
shopback.co.id

Sama seperti pani puri, kamu juga bisa menemukan pedagang kaki lima yang menjual vada di jalan-jalan besar di India.

Vada ini bisa disamakan dengan gorengan yang ada di Indonesia. Cemilan yang bentuknya seperti donat ini merupakan cemila yang mempunyai rasa asin.

16. Laddu

Laddu
indiamart.com

Kalau dilihat dengan sekilas pasti kamu langsung terbayang dengan bola-bola ubi. Memang sih sekilas mirip banget tapi laddu ini berbeda banget sama bola-bola ubi.

Laddu ini terbuat dari campuran tepung, gula, dan susu. Makanan manis ini biasanya selalu ada di setiap upacara keagamaan yang berlangsung di India.

17. Papaddum

Papaddum
kata.co.id

Bagi kamu para pecinta kerupuk pasti akan jatuh cinta dengan papaddum ini. Papaddum memang sangat mirip dengan kerupuk yang sering kita liat.

Tetapi papaddum ini memiliki cita rasa yang begitu berbeda dengan kerupuk biasanya, dan bisa menjadi teman makan atau bisa juga menjadi snack.

18. Kofta

Kofta
realfood.tesco.com

Kofta atau juga bisa dibilang bola-bola daging juga bisa menjadi salah satu makanan khas India yang terkenal di negara-negara tetangga.

Asalnya kofta terbuat dari daging kambing pilihan. Tapi karena sekarang zaman sudah maju dan sudah banyak modifikasinya bahkan sampai ada kofta untuk vegetarian.

19. Lassi

Lassi
shopback.co.id

Minuman ini sama terkenalnya dengan smoothie ala-ala barat. Pembuatan lassi menggunakan rempah-rempah, dan ada juga yang menggunakan buah-buahan.

Lassi adalah minuman yoghurt dingin yang berasal dari kawasan Punjab di Pakistan dan India. Yoghurt dibelender bersama air, merica, garam, es, dan rempah-rempah khas India atau Pakistan.

Dibuat dengan cara tradisional, kadang-kadang dicampur aroma bubuk jintan. Ada juga lassi manis dengan dibelender bersama gula dan tidak dicampur rempah-rempah.

20. Dhokla

Dhokla
pastovilla.com

Dhokla dikenal sebagai makanan khas India vegetarian. Bahan-bahan yang dugunakan untuk menghasilkan dhokla yang lezat cukup sederhana. Hanya campuran kacang dan tepung beras.

Makanan ini biasanya dihidangkan untuk menu makan malam, makan siang, dan juga bisa untuk sarapan dan dijadikan snack.

21. Chai Tea

Chai Tea
easyhealthoptions.com

Teh yang diracik dengan rempah-rempah ala India ini juga sangat terkenal sampai Starbucks memeiliki menu chai tea ini.

Walaupun banyak orang yang mengatakan bahwa teh yang diracik dengan rempah-remoah akan menghasilkan rasa yang tidak enak.

Tetapi justru karena diracik dengan rempah-rempah khas India, teh ini mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

22. Chloe Bhature

Chloe Bhature
morningtea.in

Chloe bhature ini juga menjadi salah satu masakan khas India yang sengat terkenal di dunia, dan yang pasti rasanya juga mendunia.

Masakan yang bergaya rumahan ini akan sangat mudah ditemukan di India. Kalau kita perhatikan sekilas chloe bhature ini mrirp persis dengan kari kacang.

Perbedaannya adalah kuliner yang satu ini disajikan berbarengan bersama roti yang mempunyai cita rasa yang gurih dan garing.

23. Gajar Halwa

Gajar Halwa
hungryforever.com

Makanan untuk penutup yang satu ini sudah sangat populer di kalangan warga India dan sekitarnya, Karena makanan ini mempunyai rasa yang unik.

Bayangkan saja sehabis kamu mencicipi makanan khas India yang kaya akan rempah-rempah dan penuh bumbu, kamu menutupnya dengan menyantap sajian manis yang terbuat dari wortel yang dilumuri susu kental manis.

24. Raita

Raita
tiffinbuzz.in

Kalau ada yang mengaku pecinta makanan khas India pasti sudah ngga asing lagi sama yang namanya raita.

Sebenarnya raita ini sering banget muncul di beberapa kuliner India. Sausnya yang berwarna putih mejadi toping yang serbaguna.

Banyak yang menyamakan makanan raita ini mirip dengan tzatziki khas yunani, karena bahan yang dibutuhkan untuk membuat dua makanan tersebut sama, yoghurt.

25. Kulfi

Kulfi
thelastcookie.ca

Para penikmat es krim wajib mencoba kulfi ini. Es krim ini bisa jadi penghilang dahaga buat cuaca yang sangat panas di daerah Jakarta.

Terbuat dari susu yang diolah dengan kacang-kacangan. Kulfi ini memiliki rasa yang sama dengan es potong di Indonesia.

Kalau ingin mencari es krim yang satu ini gak susah kok untuk mencarinya di indonesia. Karena makanan ini sudah banyak tersedia di restoran-restoran India yang ada di Indonesia.

 

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: