√19+ Makanan Khas Jawa Timur Enak dan {Terpopuler}, Awas Ngiler!

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang berbagai macam makanan khas Jawa Timur dan asal daerahnya yang bisa menambah sedikit wawasan anda tentang makanan yang ada di Jawa Timur.

Tidak usah diragukan lagi, Jawa Timur memang menyimpan banyak sekali makanan yang sangat menggoda lidah.

Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Semua memiliki cita rasa yang luar biasa nikmat.

Gak usah basa-basi lagi. Langsung aja berikut ini adalah makanan khas Jawa Timur yang wajib anda cicipi ketika berkunjung kesana.

Makanan Khas Jawa Timur Bakso Malang

bakso malang, bakso pala bati, bakso meteor

Kuliner Jawa Timur yang satu ini enaknya gak usah dipertanyakan lagi, yaitu bakso Malang. Mau yang muda ataupun yang tua pasti suka dengan makanan yang satu ini.

Soal rasa? jangan ditanya lagi, enaknya sudah tidak diragukan kebenarannya. Bakso yang satu ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia maupun para wisatawan asing.

Bakso Malang ini sebenarnya sama saja dengan bakso pada umumnya, akan tetapi, bakso ini memiliki tambahan seperti, bakso goreng, bakso urat, bakso udang dan yang lainnya.

Memakannya akan lebih afdol jika ditambah pangsit basah atau kering, ati empela, tahu dan yang lain sebagainya. Dengan kuah yang sangat gurih pasti membuat anda ingin mencobanya lagi dan lagi.

Brem

brem, makanan khas madiun, cemilan enak

Yang satu ini adalah makanan khas Jawa Timur dari kota Madiun. Gak usah khawatir sulit menemukannya. Karena brem ini mudah ditemukan di pinggir jalan.

Oleh-oleh khas Jawa Timur ini terbuat dari sari ketan yang kemudian dikeringkan. Berwarna putih seperti hatimu.

Pertama, sari ketan yang digunakan harus melewati proses yang bernama fermentasi. Kurang lebih selama satu malam yang bertujuan untuk menciptakan rasa yang semakin menggugah lidah dan bikin nagih. Dijamin!

Inget! Nanti kalau anda mampir ke Jawa Timur khusunya Madiun jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Madiun ini. Minimal 1 kali seumur hidup.

Pecel Lele

pecel lele, lele goreng, lele bakar

Ini dia makanan yang sudah sangat terkenal di seluruh penjuru Indonesia. Mulai dari Sabang hingga Merauke. Dan dapat ditemukan hampir di seluruh kota di Indonesia.

Makanan yang banyak diburu pada malam hari dan selalu memenuhi sudut-sudut kota di seluruh Indonesia. Makanan yang satu ini pas banget disantap bersama sanak keluarga.

Pecel lele sendiri adalah makanan khas kota Lamongan Jawa Timur. Walaupun makanan ini adalah khas Lamongan, namun anda bisa menemukannya di hampir seluruh kota-kota di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, pecel lele ini berbahan dasar ikan lele segar yang digoreng sampai garing dan biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal yang akan membuat anda akan ketagihan.

Sambel Wader

sambel wader, sambel gurih, sambel terasi

Sambel wader ini adalah makanan khas Mojokerto Jawa Timur. Makanan yang satu ini berbahan dasar ikan. Gak usah khawatir, anda akan mudah menemukan menu sambel wader ini di kota Mojokerto.

Sebagian dari anda pasti asing dengan nama Wader. Wader adalah ikan yang biasanya terdapat di sungai yang dalam maupun yang dangkal.

Ikan wader ini memang berukuran kecil, namun dibalik badannya yang kecil menyimpan semerbak kelezatan yang haqiqi dan membuat lidah anda berteriak mau lagi.

Menu makanan ini wajib anda cicipi ketika anda berkunjung ke Mojokerto. Sambel wader ini bisa memakai berbagai macam jenis ikan lainnya yang dimana akan menambah rasa nikmat pada menu makanan ini.

Gethuk Pisang

gethuk pisang, pisang kusus, pisang goreng

Sekarang giliran makana ringan khas Jawa Timur, yaitu gethuk pisang. Makanan ini adalah makanan atau jajanan biasa yang sangat gampang anda jumpai di jalan.

Gethuk pisang ini merupakan makanan khas kota Kediri Jawa Timur. Inget gethuk pisang ini berbeda dengan gethuk singkong yang kita tau.

Perbedaannya yang pasti adalah dari penggunaan baha dasar pembuatan masing-masing makanan. Gethuk pisang ini berbahan dasar buah pisang raja nangka yang tentu manis dan bertekstur lembut dan yami.

Pisang raja nangka ini yang menjadi bahan utama pembuatan gethuk pisang dan membuat banyak orang yang terhipnotis dengan rasanya karna saking enak dan lezatnya.

Makanan ini bisa anda nikmati dikala waktu senggang atau ketika sedang kumpul bareng bersama teman dan keluarga, atau juga bisa menjadi makanan untuk acara-acara rumahan.

Bebek Sinjay

bebek sinjay, bebek goreng, bebek bakar

Nah, ini dia makanan yang bisa bikin ngiler siapa saja yang melihatnya, mungkin dengan mencium baunya saja anda sudah menelan ludah dan ada rasa ingin mencobanya.

Menu makanan yang satu ini wajib hukumnya untuk adan cicipi ketika anda berada di Jawa Timur khususnya di kota Madura. Karena bebek sinjay ini adalah makanan khas Madura.

Ini makanan akan lebih nikmat jika dibarengi dengan nasi hangat dan ditambah keremesan, ini dia kombinasi rasa surga.

Mau tambah kompelit? bisa anda tambahkan mangga muda ke dalam sajian bebek sinjay ini. Ditambah lagi dagingnya yang lembut akan membuat anda tidak cukup hanya satu porsi saja melainkan dua porsi.

Bebek sinjay ini juga bisa menjadi oleh-oleh khas Madura yang bisa anda bawa pulang dan bisa juga anda coba membuatnya dirumah.

Lontong Kupang

lontong kupang, lontong sayur, ketupat sayur

Lontong kupang ini adalah makanan khas Surabaya, Sidoarjo. menu makanan yang satu ini wajib anda coba ketika sedang berada di Jawa Timur khususnya kota Surabaya dan Sidoarjo.

Pasti bagi anda yang bukan asli orang Jawa Timur akan asing ketika pertama melihat menu makanan ini. Awal boleh asing, tapi nanti ketika anda sudah mencicipi makanan ini anda akan merasakan sensasi yang wow banget.

Menu makanan lontong ini terbuat dari kupang putih (yaitu sejenis kerang berukuran kecil) dan kerang tersebut harus dikupas terlebih dahulu dan kemudian dimasak.

Menu masakan ini dimasak dengan berbagai macam bumbu-bumbu pilihan yang pasti akan menambah cita rasa pada si lontong kupang ini.

Sate Madura

sate madura, sate ayam, sate kambing, sate sapi

Nah, ini dia makanan yang pasti disukai dari kalangan anak kecil sampai orang tua pun pasti suka sama yang namanya sate, apalagi sate Madura.

Tampilan luarnya boleh saja terlihat sederhana. Tapi soal rasa gak usah ditanya lagi deh. Daging yang empuk ditambah kentalnya sambel kacang akan membuat makanan ini lezat tiada tara.

Sate ini tidak menggunakan daging ayam saja, melainkan menggunakan daging kambing juga dan kelezatannya tidak akan berkurang sedikitpun.

Makanan ini bisa menjadi lis makanan yang akan anda cicipi ketika sedang berkunjung ke kota Madura. Dan makanan ini juga bisa menjadi ole-oleh khas Madura.

Cara membuat sate madura pun masih menggunakan cara tradisional. Yaitu dengan cara di panggang menggunakan bara yang menghasilkan rasa yang nikmat dan menggugah selera.

Nasi Krawu

nasi krawu

Inilah nasi krawu, makanan khas kota Gresik yang dimana kota ini adalah penghasil semen di kawasan Jawa Timur.

Ketika anda mendengar nama Gresik, mungkin dipikiran anda hanyalah semen Gresik. namun jangan salah, Gresik banyak menyimpan makanan yang wenak banget yang tersimpan di setiap sudut kotanya.

Kota Gresik ini juga menjadi salah satu kota kuliner yang ada di Jawa Timur dan mempunyai menu andalan yaitu nasi krawu ini.

Menu makanan ini dimasak dengan berbagai macam rempah dan beberapa bahan pilihan, seperti daging, serundeng dan juga sambal terasi yang bikin makanan ini gak ada duanya.

Ditambah penyajiannya yang menggunakan daun pisang dan saya berani jamin anda akan ketagihan ketika anda mencicipi makanan khas Gresik ini.

Sego Tempong

sego tempong, nasi goreng, nasi kucing

Terdengar sangat asing ketika mendengar nama makanan ini, sego tempong. Apalagi bagi anda yang memang bukan berasal dari Jawa Timur.

Namun jangan salah. Memang nama makanan ini asing di telinga kita namun soal rasa makanan ini gak akan asing lagi, karena rasanya yang sangat nusantara dan cocok untuk lidah orang indonesia.

Kuliner yang satu ini dinamakan dengan nama sego tempong, karena manakan ini mempunyai rasa yang padas. Sego tempong sendiri berartikan memukul ataupun menampar.

Nah, arti tersebut menunjukan bahwa rasa pedesnya makanan ini sangat menampar di lidah kita dan ini adalah makanan khas Banyuwangi, Jawa Timur.

Menu makanan ini disajikan dengan nasi dan juga beberapa lalapan sebagai pelengkap dan yang pasti ada sambal pedas yang disiram di bagian atas makanan.

Ada juga lauk tambahannya untuk meningkatkan selera makanan kita, seperti tempe tahu, ayam goreng dan yang lainnya.

Lodho Ayam

lodho ayam, ayam goreng, ayam bakar

Makanan selanjutnya yaitu Lodho Ayam yang sudah sangat populer dengan rasanya yang sangat enak seantero Jawa.

Lodho ayam ini merupakan makanan yang sangat lezat dan ini juga merupakan makanan khas tulungagung.

Kuliner yang satu ini berbahan dasar ayam kapmpung yang dimasak sesuai resep turun temurun yang akan menghasilkan rasa yang juara di lidah dan melekat di hati.

Makanan ini mempunyai dua jenis makanan yaitu ada Lodho sebagai kuah yang akan menemani si ayam. Mereka akan bergabung dan akan menghasilkan rasa yang luar biasa.

Rujak Soto

rujak soto, rujak bebek

Rujak soto menjadi salah satu makanan yang harus anda cicipi ketika anda berada di Jawa Timur khususnya di kota Banyuwangi.

Ini dia makanan khas Banyuwangi yang memiliki dua jenis makanan dan digabungkan menjadi satu dan terciptalah makanan yang wenak banget.

Makanan khas Banyuwangi ini juga makanan yang banyak dicari orang karena rasanya yang enak dan juga ngangenin.

Yang masih meragukan keenakan rasanya saya jamin anda tidak akan cukup mencobanya hanya dengan satu peorsi melainkan anda akan minta nambah dua porsi.

Makanan ini sangat unik karena menggabungkan dua makanan yang berbeda menjadi satu makanan yang enak. Rujak yang disatukan dengan soto kuning, lebih tepatnya soto babat dan rujak sayur.

Nasi Tumpang

nasi tumpang, nasi tumpeng

Nasi tumpang adalah makanan khas Kediri dan menu makanan ini juga menjadi salah satu makanan yang banyak dicari oleh orang yang sedang berkunjung disana.

Mengapa diberi nama Nasi Tumpang, itu karena di dalam menunya terdapat kuah sambal kupang yang berbahan dasar tempe basi yang biasa orang jawa menyebutnya tempe bosok.

Tempe yang basi akan dimasak bersama ayam ditambah lagi dengan krupuk kulit yang akan membuat rasanya semakin nikmat dan gurih.

Mau coba? Segera rencanakan liburan ke kota Kediri dan cari Nasi Tumpang dan anda akan terdiam saking lezatnya masakan yang masuk kedalam mulut anda itu.

Tahu Tek

tahu tek, tahu goreng

Kuliner khas Jawa Timur yang satu ini pastilah membuat anda terkesima dengan rasanya, yaitu Tahu Tek. Dari namanya kita sudah mengetahui kalau menu makanan ini berbahan dasar tahu.

Tahu Tek sendiri adalah makanan yang disajikan dalam bentuk setengah matang dan selanjutnya akan dikombinasi dengan toge, mentimun, potongan lontong dan bahan-bahan lainnya.

Sebagai pelengkap Tahu Tek akan disiram dengan sambal kacang yang kental dan tidak lupa ditambah petis yang sebelumnya sudah dihaluskan.

Soal rasa sekali lagi juara dah. Top markotop, Semua makanan khas Jawa Timur pasti memiliki cita rasa yang sangat enak, juara deh pokoknya.

Nasi Pecel

nasi pecel, nasi kucing, nasi uduk

Pecel adalah makanan yang tidak akan asing lagi di telinga kita karena makanan ini sudah banyak yang menjajakannya di pinggir jalan ataupun di toko.

Hampir semua makanan yang berasal dari Jawa Timur digemari semua kalangan, mulai yang muda hingga yang tua, pria maupun wanita, janda ataupun duda.

Banyak sekali penggemar pecel ini sampai-sampai hampir di setiap daerah Jawa Timur memiliki menu pecel tersendiri sesuai daerah masing-masing.

Mulai dari pecel khas Jember, pecel Khas Madiun, pecel khas Malang dan yang lainnya. Tapi yang terutama pecel ini adalah makanan khas Madiun.

Sudah ngiler? Buruan main ke kota Madiun dan kota-kota lain di Jawa Timur, dan temukanlah berbagai macam jenis makanan yang akan memanjakan lidah anda semua.

Lontong Balap

lontong balap, ketupat lontong, lontong sayur

Sudah terlihat dari namanya yang sangat unik dan yang pasti rasanya juga tidak kalah unik dan menarik. menarik karena sangat nikmat dan juga menggoda.

Lontong Balap akan mudah ditemukan di Jawa timur dan di beberapa kota besar di dalamnya. Karena sudah banyak penjual yang sudah menjajakannya di pinggir jalan.

Makanan ini yang pasti berbahan dasar lontong dan akan dihiasi dengan beberapa bahan tambahan, seperti tahu goreng, toge sambal, dan berbagai macam bumbu pelengkap.

Apalagi jika ditambah kuah yang sangat segat dan membuat cita rasa makanan ini menjadi semakin nikmat dan lezat.

Mau nyoba? Langsung aja berkunjung ke Jawa Timur, berlibur sekalian memburu kuliner-kuliner enak yang tersebar di seluruh penjuru Jawa Timur.

Gado-Gado

gado-gado, ketoprak, lontong

Ketika kalian mendengar nama Gado-Gado pasti yang ada dipikiran anda ialah makanan khas Betawi, namun Gado-Gado yang satu ini beda. Menu makanan ini adalah makanan khas dari Jawa Timur.

Tidak hanya masyarakat lokal yang setuju bahwa rasa masakan yang satu ini enak banget. Melainkan para wisatawan asing yang juga merasakan hal tersebut.

Menu makanan yang satu ini selain mempunyai rasa yang nikmat termasuk juga dalam kategori makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

Karena makanan ini banyak mengandung sayuran hijau yang dimana baik untuk tubuh dan aman apabila anda mengkonsumsinya dalam porsi yang banyak.

Campuran ketupat dan beberapa sayuran hijau yang disiram dengan bumbu kacang yang super kental dan dijamin rasanya tidak akan membuat anda kecewa.

Rawon

rawon, soto rawon, makanan khas madiun

Wisata kuliner di Jawa Timur memang tidak akan ada habisnya. Berikut ini adalah makanan yang sangat enak yaitu Rawon.

Rawon ini adalah sebuah makanan yang sangat enak dengan memiliki khas mempunyai kuah berwarna hitam kecoklatan.

Apakah anda tau kenapa warna kuah Rawon berwarna hitam. Itu disebabkan oleh bahan yang digunakan untuk membuat kuah tersebut yaitu kluwek.

Rawon ini terkenal dengan makanan khas Pasuruan dan menu makanan ini adalah salah satu kuliner Jawa Timur yang wajib anda coba!

Lebih jos lagi jika menyantap Rawon ini dipadukan dengan nasi hangat dan krupuk yang renyah dengan beberapa irisan bawang goreng.

Biasanya Rawon ini diisi dengan sayuran hijau, daging sapi, toge dan yang lainnya. Wow, gak bisa kebayang lagi makanan yang satu ini rasa enaknya yang akan ditawarkan kepada kita.

Rujak Cingur

rujak cingur, rujak bebek, rujak bogor,

makanan ini mempunyai banyak sekali penggemar karena rasanya yang enak. Diantara kita pasti sudah ada yang pernah mendengar menu makanan yang satu ini.

Rujak yang satu ini berbeda dengan rujak-rujak umumnya yang berada di luar sana. Yang biasanya dilengkapi dengan buah-buahan segar.

Tapi kalau Rujak Cingur ini dilengkapi dengan sayuran, mulut sapi dan yang pasti cingur dan beberapa pelengkap lainnya.

Ada satu yang bisa bikin kita kengen dengan makanan ini yaitu bumbumnya. Perpaduan rasa pedas dengan manis asem dan gurih, bersatu menjadi sebuah rasa yang wenak banget.

Bumbu-bumbu yang tadi akan dihaluskan dengan ditambah sedikit air bertujuan untuk mempermudah bumbu tersebut tercampur sempurna. Pastikan anda mencoba makanan khas Jawa Timur Surabaya ini.

Makanan Khas Jawa Timur Soto Lamongan

soto lamongan, babat

Soto Lamongan adalah salah satu makanan yang sudah sangat terkenal di tanah air tercinta ini. Pasti yang namanya soto terkenal dengan kuahnya yang sangat gurih lagi melezatkan.

Ada perbedaan antara Soto Lamongan ini dengan soto pada umumnya. Perbedaannya terdapat pada koya. Apa itu koya, koya adalah bubuk gurih yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatannya.

Koya inilah yang nantinya akan membuat anda tidak cukup jika hanya mencobanya satu porsi. Ya, paling anda akan meminta dua porsi karena rasanya yang nyaman di hati.

Alangkah indah jika anda bisa mencoba makanan ini langsung dari kota asalnya yaitu Lamongan. Sekalian anda liburan bersama keluarga.

Bagi anda yang sudah ngiler melihatnya. Langsung aja inilah makanan khas Jawa Timur dan cara membuatnya. Praktis dan mudah untuk anda coba dirumah.

Cara Membuat Soto Lamongan

Bahan:

  1. 900 kg daging ayam yang sudah terpotong menjadi beberapa bagian minimal 4 bagian
  2. 3 helai sereh yang sudah di mekarkan
  3. 2 liter air bersih/matang
  4. 1 sdm merica halus/bubuk
  5. 1 sdm gula pasir
  6. 3 sdm minyak goreng merek apa ajah
  7. 5 lembar daun jeruk dan jangan lupa buang bagian tulang daunnya.

Bumbu-Bumbu yang Harus Dihaluskan:

  1. 10 butir bawang merah pilihan, yang bagus yah, jangan yang busuk
  2. 6 siung bawang putih segar pilihan terbaik
  3. Jahe berkualitas (secukupnya)
  4. Kunyit yang sudah dibakar (secukupnya)
  5. 4 biji kemiri yang sudah di sangrai sampai meciptakan suatu harum yang wangi menyegarkan

Bahan-Bahan Pelengkap:

  1. Mie soun yang sudah anda rebus
  2. Beberapa batang seledri yang sudah anda cincang
  3. Beberapa tomat segar yang sudah anda potong-potong
  4. 3 butir telus rebus
  5. Bawang goreng sesuai selera anda masing-masing
  6. Toge (secukupnya)
  7. Sayur kol yang sudah dicincang halus (secukupnya)

Cara Megolah Ayam yang Benar:

  • Rebus air bersih hingga mendidih sempurna
  • Setelah itu masukkan daging ayam yang tadi sudah dipotong kedalam wajan yang berisikan air tersebut
  • Selagi menunggu ayam yang sedang direbus, alangkah baiknya kita panaskan minyak goreng
  • Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan
  • Masukan daun sereh dan daun jeruk sampai mengeluarkan aroma sedap yang menggoda selera
  • Setelah aroma wangi terbebut masuk ke hidung anda. Tuangkan tumisan tersebut ke dalam rebusan ayam
  • Tambahkan merica bubuk dan gula pasir secukupnya, jangan kebanyakan dan jangan terlalu dikit
  • Tunggu hingga ayam matang sempurna dan bumbu meresap maksimal
  • Setelah matang tiriskan ayam dan pisahkan kuahnya
  • Goreng ayam yang baru dirbus tadi menggunakan minya panas dan dibarengi dengan bumbu-bumbu halus tadi
  • Tunggu sampai ayam berganti warna menjadi kecoklatan dan mengeluarkan wangi yang semerbak harumnya
  • Kalau sudah matang ayam diangkat dan di suwir tipis-tipis

Penyajian tergantung selera anda masing-masing. Intinya adalah siapkan mangkuk dan tungkan kuah ayam tadi dan tambahkan mie dan bahan pelengkap lainnya. tambahkan ayam yang tadi sudah di suwir. Selamat makan.

Cara Membuat Bakso Malang

Bahan:

  1. 1/2 kg daging ayam yang sudah dihaluskan
  2. 1/2 kg daging sapi segar
  3. 3 butir telur segar
  4. Garam
  5. Saori saus tiram
  6. Beberapa irisan daun bawang
  7. Tepung kanji (secukupnya)
  8. Tepung baksoku ( secukupnya)
  9. Tepung segitiga biru atau terigu (secukupnya)
  10. Air bersih/matang

Langkah-Langkah:

  • Kumpulkan semua bahan pada satu tempat
  • Kocok telur yang sudah ada bersama dengan semua bahan yang tadi sudah kita siapkan
  • Jika sudah dikocok, alangkah baiknya jika anda juga menghaluskannya menggunakan blender
  • Setelah itu siapkan wajan yang berisikan air dan rebus sampai air tersebut mendidih
  • Cetak bakso dengan bentuk sesuai keinginan anda, bentuk bintang juga boleh. Tapi biasanya berbentuk bulat
  • Masukan bakso kedalam air yang sudah mendidih itu kemudian tunggu hingga bakso naik ke permukaan wajan
  • Tunggu kira-kira sekitar 3 menit supaya bakso metang sampai kebagian terdalamnya
  • Jika sudah, bakso ini siap untuk di sajikan

Cara Membuat Gethuk Pisang

Bahan:

  1. Siapkan 5 buah pisang tanduk
  2. 25 kg tepung terigu atau tepung sagu
  3. 1/2 sdt garam halus
  4. 50 kg tepung beras asli
  5. 125 kg gula jawa atau gula merah
  6. 100 ml santan, bisa santai saset ataupun santan yang diambil dari kelapa langsung

Bahan untuk Membungkusnya:

  1. Selembar daun pisang, bisa kurang bisa lebih
  2. lidi atau sumpit secukupnya

Langkah-Langkah:

  • Kupaslah semua pisang yang sudah anda siapkan
  • Jika semua pisang sudah dikupas, kukus pisang sampai benar-benar empuk dan terlihat matang
  • Kalau sudah matang, haluskan pisang sampai benar-benar halus
  • Jangan lupa haluskan pula gula merahnya
  • Siapkan tempat atau wadah lalu masukan pisang yang tadi sudah anda kukus
  • Masukan bahan-bahan yang lain seperti tepung beras, gula merah dan juga santan. Kemudian aduk semua dengan merata
  • Siapkan daun pisang untuk membungkus adonan pisang tersebut. bentuk lonjong dengan ukuran sesuai selera, dan sematkan lidi atau kayu disetiap ujungnya agar tidak mudah lepas
  • Siapkan alat untuk mengukus. Lalu masukan pisang yang sudah tilapisi dengan daun pisang
  • Kukus kurang lebih selama 45 menit atau kira-kira sampam matang hingga senpurna
  • Kalau sudah matang angkat dan didinginkan terlebih dahulu. Jika sudah dingin gethuk pisang ini suap untuk anda lahap sepuasnya

Cara Membuat Tahu Tek

Bahan:

  1. 3 sdm kacang tanah
  2. 1 sdt petis Madura atau juga bisa petis udang
  3. Setengah siung bawang putih
  4. 3 buah cabai rawit pedas
  5. 1 butir telur segar
  6. 3 potong tahu
  7. Sayuran (timun, toge,)
  8. Irisan bawang goreng (sesuai selera)
  9. Kecap hitam manis
  10. Yang pasti lontong secukupnya
  11. Garam

Langkah-Langkah:

  • Ulek bawang merah, cabai, dan kacang tanah menjadi satu dan jangan lupa ditambahkan garam
  • Belah tahu dan lontong dengan bentuk sesuai selera. telurnya pun tidak boleh lupa
  • Hiasi dengan mentimun di atas hidangan ini
  • Agar lebih lengkap, siram dengan saus kacang yang akan membuat makanan ini semakin gurih dan nikmat

Cara Membuat Gado-Gado

Bahan:

  1. Kubis 100 kg dan diiris tipis-tipis
  2. Sayur bayam sebanyak 170 kg
  3. Buah mentimun 200 kg yang sudah anda iris tipis-tipis
  4. Toge (secukupnya)
  5. Kentang rebus kurang lebih 300 kg
  6. Kacang panjang sebanyak 200 kg
  7. Tahu kuning sebanyak 2 butir yang sudah anda goreng dan ditiriskan
  8. Telur rebus yang sudah anda belah menjadi dua
  9. Kerupuk bisa, emping juga bisa
  10. Bawang goreng (sesuai selera)

Bahan-Bahan Membuat Saus:

  1. Cabe rawit segar minimal 4 buah
  2. Cabe merah segar minimal 4 buah
  3. Gula merah 1 sdt
  4. Air asam jawa 1/5 sdm
  5. Garam asing 2 sdt
  6. Kacang tanah yang sudah dihalukan sebanyak 175 kg
  7. Kacang kenari yang sudah dihaluskan sebanyak 175 kg
  8. Kecap manis merek apa aja
  9. Air bersih/matang 750 ml

Langkah-Langkah:

  • Rebuslah semua sayuran yang anda sudah siapkan sampai lunak dan segar tiriskan
  • Ulek cabe, terasi, garam dan bumbu lainnya sampai halus. jangan lupa masukan juga kacang kenari dan kacang tanah. Awas jangan sampe ketinggalan
  • Jangan lupa tambahkan air asam, kecap dan gula jawa atau gula merah. Campur sampai merata dan masak sampai lumayan kecampur dan diamkan sampai dingin
  • Terakhir siapkan piring dan susunlah sayur-sayurannya sesuai selera anda. Kemudia sirami sayuran itu dengan bumbu kacang. Biar lebih lengkap tambahkan kerupuk dan emping

Sekian informasi tentang makanan khas Jawa Timur dan cara pembuatannya. Yang mau mencoba membuatnya dirumah silahkan. Selamat mencoba guys!

Eh Komen Dong..

%d blogger menyukai ini: