√11+ Makanan Khas Malang Enak, Bisa Bikin Senyum Loh! {Lengkap}

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang makanan khas Malang. Malang adalah sebuah kota yang lengkap. Seru wisatanya dan enak makanan khas nya.

Apalagi bagi anda yang sedang berada di kota Malang, atapun yang sudah merencanakan berlibur ke kota ini. Wajib hukumnya untuk mencicipi makanan khas yang berada di kota Malang ini.

Bagi anda yang sudah menginjakan kaki ke kota Malang, jangan ragu danΒ  gelisah untuk mencicipi semua makanan khas kota Malang.

Sudah puas berlibur di kota Malang? Awas, jangan lupa untuk mencicipi makanan yang ada disana. Ya, paling minimal satu kali lah semumur hidup. Berikut penjelasannya.

Makanan Khas Malang Orem-Orem

orem-orem, ketupat sayur
amazingmalang.id

Mungkin akan begitu asing untuk sebagian orang di luar sana. Apalagi bagi anda yang bukan orang asli Malang.

Makanan ini disantap bersama dengan potongan ketupat. tempe orek dan telur asin di atasnya. Sudah kebayang bagaimana enaknya makanan yang satu ini.

Jika anda liat sepintas mungkin bisa dikatakan makanan ini mirip sekali dengan sayur lodeh atau opor ayam, tapi makanan ini memang disajikan bersama dengan kaldu ayam yang sungguh kental dan menggoda.

Makanan ini murah meriah loh. Jadi, tunggu apalagi. Kuy jelajah kota Malang ini dan temukan berbagai macam aneka makanan khas Malang atapun oleh-oleh khas Malang.


Harga: Rp,7,000 untuk satu porsi (bisa lebih mahal tergantung lauk)


Bakso Bakar

bakso bakar, bakso tusuk
kokibakso.blogspot.com

Bakso? Sungguh ane jika ada orang yang tidak mengetahui bakso. Makanan yang sudah sangat terkenal dan mempunyai cita rasa yang begitu nikmat.

Makanan dari kota Malang ini sudah ditusuk, dibaka, enak pula. Nikamt tuhan mana yang engkau dusatakan. Hehe, jadi wajib yah untuk anda mencoba makanan yang satu ini.

Bakso bakal ini tidak jauh beda dengan bakso-bakso pada umumnya. Perbedaan bakso bakar ini dengan bakso bakar di luar sana ialah, sebelum di bakar, bakso ini diolesi dengan saus kecap dan bumbu-bumbu lainnya.

Ketika sedang dibakar. Maka bakso ini akan mengeluarkan bau harum yang semerbak lezatnya. Udah ngiler belum nih? Jangan cuma diliat, langsung aja di cari warung makan dan cari menu yang satu ini.


Harga: Rp.15,000 untuk satu porsi


Cwie Mie Malang

Sego Goreng Mawut, mie goreng, mie rebus
travelingyuk.com

Secara sekilas. Cwie mie Malang ini mirip dengan mie pada umumnya, tidak ada perbedaan yang menonjol pada mie khas Malang ini dengan mie pada umumnya.

Sesuatu yang membedakan antara Cwie mie Malang ini dengan mie pada umunya adalah daging ayam yang disajikan lebih halus dan lebih kecil.

Hampir menyerupai abon dan mempunyai rasa yang unik. Kalau bisanya mie ayam pada umumnya disajikan bersama pangsit dan sawi, klo cwie mie Malang ini beda.

Mie ini disajikan di mangkuk yang terbuat dari pangsit da bertabur selada segar. Kebayang gak tuh enaknya kayak gimana?

Saya tau anda semua sudahngiler kan. Udahlah buruan cari emnu makanan ini, jangan sampai kehabisan dan nantinya anda akan menyesal loh,


Harga: Rp.20,000 untuk satu porsi


Rawon

rawon, rawon setan
sintiaastarina.com

Kuliner khas Malang yang satu ini pasti dan saya yakin sekali tidak akan asing lagi di telinga anda. Enak dan gurih, itu lah rasanya.

Jangan khawatir bila anda susah menemukan makanan yang satu ini. Rawon khas Malang ini mudah kok ditemukan di Jakarta dan sekitarnya.

Daging sapi yang disuguhkan berukuran tidak biasa, ditambah kuah gurih yang berwarna hitam pekat serta telur asin yang memiliki rasa yang super unik dan gurih.

Ku yakin anda akan mengalami yang namanya jatuh cinta pada suapan pertama. Lebay yah, gak apa lah. Emang faktanya makanan ini sungguh enak luar biasa.

Memiliki cita rasa alami dari beberapa bumbu-bumbu nusantara yang akan melengkapi rasa yang sempurna. Bakalan kangen deh sama rasa yang diciptakan oleh makanan khas Malang ini.


Harga: Rp,22,000 untuk satu porsi


Sego Goreng Mawut

Sego Goreng Mawut, nasi goreng, nasi pecel
malangkipa123.blogspot.com

Terlihat nama yang sangat unik dan cukup aneh. Tapi siapa yang menyangka soal rasanya yang enak dan lezat banget. Seribu persen yammi!

Bagi kamu sang pecinta nasi goreng pasti sudah pernah mencoba makanan yang astu ini. Sejatinya makanan ini sama saja dengan nasi goreng pada umumnya.

Oh iya, saya belum menjelaskan apa arti dari makanan ini. Kenapa bisa dinamai Mawut?

Karena masakan yang satu ini sejatinya ialah nasi goreng yang di campur dengan mie goreng dan menghasilkan cita rasa yang sedemikian rumit untuk diungkapkan.

Bukan karena gak enak. Justru saking enaknya masakan ini kita pun susah untuk memperjelas keenakan makanan ini. Yamm.

Disajikan dengan acar dan beberapa sayuran diatasnya. Udah gak ketampung yah ilernya. Kuy lah cari menu makanan ini dan langsung pesan dua porsi biar kenyang.


Harga: Rp.15,000 untuk satu porsi


Bakso Malang

bakso malang, bakso babat, bakso urat
kokibakso.blogspot.com

Bakso lagi, bakso lagi. Bosen yah dengan makanan yang satu ini dan yang pasti sudah sangat viral di luar sana untuk keenakan rasanya.

Hampir si setiap sudut kota besar pasti ada saja penjual yang menjajakan bakso Malang ini. Selain memang banyak peminatnya. Bakso Malang ini merupakan makanan khas Malang yang murah meriah.

Memang semua menu bakso enak, apalagi bakso malang ini. Tetapi berbeda cerita jika anda langsung mencobanya di kota kelahirannya yaitu Malang.

Tentunya rasanya masih akan selalu enak. Namun sensasi yang akan disuguhkan ketika kita langusung memakannya di kota asalnya. Dengan hawa yuang sejuk ditambah bakso malang yang hangat lagi menggoda.


Harga: Rp.10.000 untuk satu porsi


Tahu Campur

tahu campur
wikipedia.org

Tahu? Siapa yang gak tau tahu. Kayaknya semua sudah pasti tau sama makaanan yang satu ini. Murah dan gurih.

Tahu campur ini adalah makanan khas Malang yang tidak boleh terlewatkan ketika anda sedang berada di kota apel.

Biasanya makanan yang satu ini disajikan dengan beberapa tambahan lauk piliahan diantaranya ialah sop daging, perkedel, mie kuning dan tidak lupa tahu campur yang lezatnya kelewatan.

Bagi kamu yang sudah membayangkan betapa lezatnya masakan yang satu ini. Langsung aja mampir ke kota apel ini.

Jangan menyepelekan masakan yang berbahan dasar tahu. Dibalik harganya yang relatif murah. Tapi tahu ini kaya akan rasa yang nikmat nan lezat.


Harga: Rp.15,000 untuk satu porsi


Mendol

mendol, combro, gemblong
ngalam.co

Mungkin kalau sekilas makanan ini terlihat seperti Combro. Eh ternyata makanan ini berbahana dasar kacang keledai uang merupakan bahan untuk pembuatan tempe.

Makanan ini juga memiliki bahan-bahan lainnya seperti bawang merah dan putih. kunyit dan bumbu-bumbu lainnya.

Lalu semua bumbu yang tadi dihaluskan dan diaduk menjadi satu berbarengan dengan tempe yang kemudian akan di bentuk bulat-bulat atau lebih tepatnya menyerupai makanan combro.

Bentuknya saja sudah terlihat jelas bahwa makanan yang satu ini sangan nikmat dan gurih. Pas banget untuk dijadikan teman ngobrol.

Atau mungkin bagi anda yang sedang galau. Coba deh makan menu makanan yang satu ini. Siapa tau galau anda bisa hilang.


Harga: Rp.15,000 untuk satu porsi


Angsle Malang

angsle malang, putu mayang, es doger
travelingyuk.com

Biar gak bosen bahas makanan yang gurih mulu. Sekarang kita akan membahas tentang makanan yang manis dan melezatkan. Cantik penampilannya dan sempurna soal rasanya.

Kalau sekilas makanan yang satu ini mirip dengan menu makanan sekuteng. Kenapa mirip? Karena di dalam Angsle Malang ini ada bahan-bahan yang sama seperti kacang tanah dan kacang hijau yang disangrai, dan beberapa irisan roti.

Tapi yang membedakan Angsle Malang ini dengan sekuten yaitu ada beberapa tambahan pada bahannya ialah, putu mayang, tape singkong yang sudah kita ketahui bersama dan lainnya sebagainya.

Dari segi bahan dan rasa. Mungkin makanan ini cocok untuk dijadikan sebagai hidangan penutup khas Malang. Dengan rasanya yang manis pasti akan bisa menetralkan sisa makanan yang adan di tenggorokan kamu.


Harga: Rp.10,000 untuk satu porsi


Makanan Khas Malang Es Durian Dempo

es duren, es buah, sop buah, es campur
resepdanmasakan.com

Yup, namanya saja pasti sudah membuat anda ngiler dan ingin sekali untuk mencobanya. Es durian, segar dan menyegarkan.

Ketika orang berkunjung ke Malang tidak hanya apel yang akan mereka cari, akan tetapi kulinernya pun juga dicari termasuk Es Durian ini.

Sudah pasti berbahan dasar buah durian segar. Ditambah dengan es yang sangat menyagarkan. Apalagi dilumuri denga susu kental manis dan sirup. Beh, nikmat tuhan mana yang akan anda dustakan.

Siang hari saat matahati sedang terik. Cocok sekali menu yang satu ini untuk menemani panas anda dan meminimalisir terik matahari yang menyinari tubuh anda.

Juga cocok kok untuk dijadikan makana penutup. Segar! Jangan lupa ketika anda berkunjung ke Malang.

Anda wajib untuk mencari menu makanan yang satu ini. Dijamin anda akan jatuh cinta pada suapan petama. Cie, soswit.


Harga: Rp.16,000 untuk satu porsi


Cara Membuat Es Durian Dempo

Bahan-Bahan:

  1. Buah durian segar
  2. 2 sdm gula pasir
  3. Santan kelapa
  4. 1/2 sdt garam
  5. Susu putih (kental manis)
  6. Larutan tepung maizena

Langkah-Langkah:

  • Rebus buah durian secukupnya dan tambahkan gula dan garam hingga mendidih.
  • Kemudian tambahkan tepung meizana yang tadi sudah anda larutkan. Aduk hingga tercampur dan mengental. Angkat bila sudah matang.
  • Bila sudah dingin. Masukan ke lemari es sampai membeku. Jika sudah membeku haluskan menggunakan belender.
  • Siapkan mangkuk atau gelas dab tuangkan dempo ke dalama mangkuk atau gelas yang tadi sudah kita siapkan.
  • Lumuri dengan susu kental manis dan bisa juga anda tambahkan mesis dan beberapa toping lainnya. Sesuai selera anda saja.
  • Es Durian Dempo sudah siap memanjakan lidan dan tenggorokan anda.

Gampangkan? Iyalah, semua akan terasa gampang kalau kita awalnya memang sudah niat dan mau berusaha. Bisa anda coba membuatnya dirumah. Mudah dan praktis!

Cara Membuat Bakso Bakar Malang

Bahan-Bahan:

  1. 11 butir bakso sapi. potong silang pada bagian atas bakso
  2. Tusuk sate secukupnya
  3. Bawang goreng bagi anda yang suka
  4. Mie soun secukupnya
  5. 2 helai batang seledri, dipotong tipis
  6. 2 helai daun bawang, dipotong tipis

Bumbu Untuk Merendam:

  1. 3 siung bawang putih
  2. 5 butir bawang merah segar
  3. 1 sdm bumbu ketumbar
  4. 2 sdt merica bubuk
  5. 5 sdm kecap manis (merek apa saja)
  6. 2 sdm saus sambel
  7. Cabai rawit secukupnya. Sesuai selera anda masing-masing
  8. Gula jawa atau Gula merah
  9. Garam sesuai selera

Langkah-Langkah:

  • Haluskan semua bumbu untuk merendam. Kemudian rendamlah bakso yang tadi sudah anda potong bagian atasnya.
  • Setelah di rendam tusuklah sate menggunakan tusuk sate yang sebelumnya sudah anda bersihkan.
  • Siapkan tempat untuk membakarnya. Setelah itu bakarlah sate sambil sesekali diolesi dengan bumbu rendaman yang tadi sudah anda buat.
  • Bakar sampai warna bakso berubah dan mengeluarkan bawu yang harum dan menyegarkan.
  • Sajikan di mangkuk dan tambahkan mie soun dan kuah kalau mau. Hidangan yang satu ini cocok jika disantap saat masih hangat.

Berkuah lagi melezatkan. Itulah makanan yang satu ini.Β  Kalau anda ingin membuatnya dirumah gak masalah kok. Karena membuat makanan ini cukup mudah.

Cara Membuat Angsle Malang

Bahan-Bahan Untuk Petulo:

  1. 400 ml santan, boleh santan instan atau santan dari setengah butir kelapa
  2. 250 gram tepung terigu beras
  3. 50 gram tepung kanji
  4. 5 helai daun pandan segar
  5. 1 sendok teh garam
  6. 1/2 sendok teh pewarna makanan (hijau)
  7. 1/2 sendok teh pewarna makanan (merah muda)

Bahan Untuk Kuah:

  1. 1,5 liter air santan, bisa santan instan atau santan dari 1 buah kelapa
  2. 3 helai daun pandan segar
  3. 250 gram gula pasir
  4. 1 sendok teh garam
  5. 7 cm jahe segar, dan memarkan

Bahan Untuk Isi:

  1. 111 gram beras untuk ketan putih, dan masak hingga matang
  2. Roti tawar dan jangan lupa buang kulitnya. Potong kecil-kecil sesuai selera anda
  3. 55 gram biji kacang hijau, masak sampai matang dan tiriskan
  4. 130 gram biji delima, rebus sampai matang dan tiriskan

Langkah-Langkah:

  • Petulo: Campurkan tepung beras, cairan santan, garam, tepung keranji dan daun panda segar di dalam satu wajan dan masak hingga semua tercampur dan mengental.
  • Setalah matang tuang ke loyang dan kita bagi menjadi dua. Masing-masin loyang teteskan pewarna makanan yang berbeda.
  • Masukan adonan yang tadi sudah kita kasih warna ke tempat cetakan putu wayang.
  • Alasi dandang menggunakan kertas minyak, dan letakan petulo di atas kertas minyak. Kukus sampai matang,kurang lebih selama 25 menit. Setelah matan kemudian angkat.
  • Kuah: Masak santan dan daun pandan segar, garam gula, dan jahe sampai mendidih menggunakan api kecil. Setelah mendidih kemudian di angkat.
  • Penyajian: Masukan peluto serta semua bahanyang yang tadi sudah kita buat ke dalam satu mangkuk. Sirami dengan kuah.
  • Makan selagi hangat. Ketika dingin juga enak, tapi saya rekomendasikan makan selagi hangat.

Enak dan juga nikmat. Itulah makanan yang satu ini. Jika anda ingin membuatnya dirumah, jangan lupa bagi-bagi sama saudara dan sanak keluarga.

Cara Membuat Sego Goreng Mawut

Bahan-Bahan:

  1. 1 piring nasi hangat
  2. 150 gram mie yang sudah di rebus
  3. 1 lembar kol, dan potong tipis
  4. 1/2 kaldu ayam bubuk
  5. 1 helai daun bawang
  6. 2 helai batang seledri
  7. 4 sdm kecap manis
  8. 2 sdm minyak goreng

Bahan Halus:

  1. 3 cabai merah segar
  2. 1 siung bawang putih
  3. 3 siung bawang merah
  4. 2 sdt garam
  5. 1 sdt terasi yang sudah matang

Bahan Untuk Pelengkap:

  1. Irisan bawang goreng sucukupnya (sesuai selera anda)
  2. 1 telur mata sapi
  3. Irisan ayam goreng
  4. Acar sebagai pelengkap
  5. Kerupuk apa saja, yang penting jos

Langkah-Langkah:

  • Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Tumis semua bumbu halus sampai mengeluarkan bau harum. Tambahkan daun bawang, mie, seledri dan terus aduk merata.
  • Jika menurut anda sudah setengah matang. Tambahkan nasi secukupnya dan terus sampai benar-benar tercampur sempurna.
  • Bisa juga anda tambahkan penyedap rasa seperti kecap manis atau bumbu kaldu. Terus sampai benar-benar telah tercampur semua bumbu dengan merata.
  • Jika sudah tercampur semua. Angkat dan makanana ini sudah siap untuk disajikan.
  • Bisa anda tambahkan ayam goreng, kerupuk, acar dan lain sebagainya.

Membuat menu makanan yang satu ini mudah kok temen-temen. Bahan yang diperlukan juga sangat muda untuk kita temukan. Kalaupun kita ingin membuka peluang usaha ini sangat cocok.

Penutup

Sekian informasi seputar makanan-makanan enak yang ada di kota Malang. Mulai dari makanan legendaris khas Malang. Sampai makanan murah meriah khas Malang.

Bagi anda yang ingin mencoba resepnya silahkan. Tapi inget, jangan lupa bagi tetangga. Masa di makan sendirian kan gak enak.

Kurang lebihnya mohoh maaf. Selamat mencoba resep diatas. Pokoknya kalau anda sedang berkunjung ke kota Malang. Jangan lupa sempetin untuk mencari makanan yang enak disana.

Eh Komen Dong..

%d blogger menyukai ini: