Lagi Laper? 11 Makanan Khas Sunda ini Siap Memanjakan Anda

Indonesia adalah suatu negeri yang kaya akan suku dan bangasa, salah satunya adalah suku sunda. Setiap suki mempunyai makanan khas tersendiri, salah satunya adalah makanan khas sunda.

Membahas tentang makanan khas sunda. Pasti kalian langsung berpikiran tentang rasa yang begitu manis dan juga gurih.

Padahal sunda ini memiliki makanan yang bercita rasa yang beraneka ragam, ada manis, gurih, asin, segar dan pedas yang nendang.

Makanan khas sunda ini sangat di gemari oleh masyarakat Indonesia terutama di tanah jawa. Jika kalian penasaran dengan kuliner sunda yang menggoda selera. Berikut menu yang harus kalian coba.

1. Nasi Timbel

 Nasi Timbel
Sumber : dailywuz.com

Nasi timbel merupakan sebuah makanan yang sudah sangat terkenal di kalangan manyarakat Indonesia. Terutama di tanah jawa.

Nasi ini mempunyai cita rasa yang begitu lezat dan juga unik. banyak variasi dari nasi timbel. Sampai banyak orang bingung mau coba yang mana.

Sejarahnya, nasi timbel adalah makanan untuk para petani. Tetapi seiringnya zaman, nasi timbel ini menjadi makanan khas daerah sunda.

Nasi ini biasa dihidangkan bersama dengan ikan asin, tahu goreng, ayam goreng, pepes ikan, tawes, dan berbagai macam jenis lalapan lainnya.

2. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom
Sumber : azgi.blogspot.com

Mendengar namanya pasti makanan ini bercita rasa tradisional banget. Nasi tutug oncom ini merupakan nasi yang dicampur dengan oncom.

Makanan ini sangat enak bila di makakan ketika keadaan hangat. Sudah banyak warung-warung makan yang menyediakan menu yang satu ini.

Pada awalnya nasi tutug ini adalah makanan khas Tasikmalaya. Makanan ini bernama tutug karena dalam bahasa sunda tutug artinya menumbuk.

Nasi tutug oncom ini biasa di makan bersama beberapa lauk pilihan, diantaranya adalah tuhu goreng, ayam goreng, tempe goreng dan beberapa lalapan.

3. Nasi Liwet

Nasi Liwet
Sumber : whattocooktoday.com

Makanan khas sunda yang satu ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dan tidak asing lagi bagi lidah kita untuk selera rasanya.

Nasi liwet sendiri mempunyai 2 versi, yang satu dari Solo dan yang satu lagi dari Sunda. Ada beberapa perbedaan diastara keduanya.

Nasi liwet yang berasal dari Solo memasaknya menggunakan santan dan disajikan bersama beberapa potongan labu siam.

Kalau nasi liwet yang berasal dari tanah sunda proses pembuatan nasi ini tidak memakai sama sekali santan kelapa.

4. Sayur Asem

Sayur Asem
Sumber : today.line.me

Sayur asem adalah sayur kebanggaan masyarakat Indonesia. Mustahil orang Indonesia tidak tahu yang namanya sayur asem.

Sayur ini memiliki beberapa variasi lokal, ada yang berasal dari Jakarta yaitu sayur asem betawi. Ada juga beberapa jenis sayur kangkung asem.

Sayur ini dinamakan sayur asem karena proses memasaknya menggunakan asem jawa yang bertujuan untuk menghasilkan rasa yang tradisional.

Makanan khas sunda ini mempunyai rasa asem yang begitu menggelegar. Dan sayur asem ini terbuat daru beberapa sayurang yang mudah untuk kita temukan.

Contohnya yaitu jagung, kacang panjang, labu siam, melinjo, belimbing sayur dan beberapa sayuran lainnya. Sayur ini ebak disajikan ketika hangat.

5. Karedok

Karedok
Sumber : tasikasik.com

Banyak sekali di Jakarta orang yang menjual karedok ini. Jadi mesyarakat mengira bahwa karedok adalah makanan khas betawi.

Tapi jangan salah. Karedok ini adalah makanan khas sunda yang memang memiliki kemiripan dengan gado-gado khas betawi.

Karedok berisi beberapa sayuran segar diantaranya, kacang-kacangan, basil, kubis, terong hijau dan beberapa sayuran segar lainnya.

Perbedaan antara gado-gado dengan keredok ialah, gado-gado menggunakan sayuran yang sudah direbus. Sedangkan kaerdok menggunakan sayuran mentah.

6. Pepes

Pepes
Sumber : makananoleholeh.com

Masyarakat sering keliru dengan pepes ini, banyak yang mengira bahwa pepes ini adalah sebuah makanan, padahal itu salah.

Pepes ini asalah sebuah cara masak khas sunda. Pepes sendiri adalah sajian yang penyajiannya menggunakan daun yang di kukus hingga matang.

Makanan khas sunda yang proses masaknya dengan di pepes ada banyak, contohnya. Pepes daging, pepes ikan asin, pepes jamur, pepes tahu, pepes telur dan masih banyak lagi.

Semua makanan khas sunda memakai bubum tradisional bertujuan untuk menghasilkan cita rasa yang menggelegar jiwa dan bikin nagih.

7. Bakakar Hayam

Bakakar Hayam
Sumber : uprint.id

Bakakar hayam ini adalah sebuah makanan khas sunda yang mirip dengan ayam panggang. Dan makanan ini mudah untuk di temukan.

Dengan nama yang unik dan lucu membuat bakakar hayam ini mempunyai nilai tarik tersendiri. Jangan lupa mencicipi makanan ini ketika kamu sedang berada di tanah sunda,

Bakakar hayam ini merupakan makanan khas sunda yang berbahan dasar ayam yang dicampur dengan bumbu khas sunda dan di olah dengan cara di panggang.

Makanan yang satu ini menggunakan 1 ayam utuh dan bisa di makan bersama teman-teman, saudara ataupun keluarga.

Bakakar hayam ini sering disajikan bersama dengan sambal hijau ataupun sambal merah. Gak lupa juga di makan bersama lalapan segar.

Baca juga: 14 Model Rambut Pria yang kece Abis!

8. Lotek

Lotek
Sumber : kulinerdago.com

Lotek ini mirip sekali dengan karedok dan juga gado-gado. Kalau melihat tampilan. Lotek ini lebih cenderung mirip dengan pecel khas jawa.

Kalau kamu lagi jalan-jalan ke Jawa Barat jangan lupa cicipin lotek ini. Mudah kok di temukan di pinggir jalan.

Makanan ini menggunakan sayur-sayuran yang juga di gunakan untuk pembuatan gado-gado pada umumnya seperti, kembang kol, kangkung, tauge, dan sayuran lainnya.

Sayuran yang tadi akan disiram dengan bumbu kacan dan di tambah kentang yang sudah ditumbuk halus dan kencur sehingga menimbulkan rasa yang mantap.

Lotek ini disajikan bersama beberapa potongan lontong dan beberapa keping kerupuk udang.

9. Tumis Genjer Oncom

Tumis Genjer Oncom
sumber : bankjim.com

Genjer ini terkenal di tanah Jawa. Banyak yang mengira bahwa genjer bisa membuat seseorang apabila mengkonsumsinya akan mabok.

Padahal genjer ini sehat dan menyehatkan. Di tahan sunda ada olahan yang berbahan genjer yaitu tumis genjer oncom.

Makanan khas sunda ini sering di temukan di banyak warung makan di pinggir jalan. Oncom merupakan bahan dasar makanan yang satu ini.

Makanan ini memberikan cita rasa yang begitu nikmat. Rasa gurih pedas di tambah genjer yang renyah saat kita gigit.

Pada makanan yang satu ini banyak mengndung serat. Jadi selain enak makanan ini juga mengehatkan.

10. Soto Bandung

Soto Bandung
Sumber : 1001resepnusantara.wordpress.com

Bandung merupakan kota yang terdapag di Jawa Barat. Bandung mempunyai kuliner yang cukup tekenal yaitu soto Bandung.

Secara tampilan soto Bandung ini memang mirip dengan soto pada umumnya. Padahal secara rasa pasti beda banget.

Soto Bandung ini menggunakan bahan dasar tetelan sapi. Bumbu yang dipakai adalah, lengkuas, serai, gula, jahe, garam, dan bubum halus lainnya.

Biasannya makanan ini disajikan dengan irisan daun bawang, seledri, bawang goreng, dan kacang keledai goreng. Terkadang juda ditambahkan jeruk nipis dan sambal supaya lebih nikmat.

11. Empal Gepuk Daging Sapi

Empal Gepuk Daging Sapi
Sumberr : resepmasakanpintar.blogspot.com

Makanan ini sangat terkenal di kalangan masyarakat sunda pada umumnya. Terlebih lagi banyak restoran yang menjadikan maknana ini menu wajib restoran tersebut.

Sesuai dengan namanya. Makanan ini menggunakan daging sapi yang sudad di potong tipis dan di olah dengan cara di pukul-pukul sampai gepeng.

Kemudian dilumuri dengan aneka bumbu yang menghasilkan rasa yang begitu nikmat. Setelah bumbu meresap rata daging akan di ungkep sampai daging itu empuk.

Kemudian baru dogoreng sampai kering. Kalian juga bisa memakannya tanpa perlu di goreng lagi. Paling enak menyantapnya dengan nasi hangat.

Itulah makanan khas sunda yang sangat mengugah selera dan membuat kita menelan ludah. Jangan lupa ketika anda berada di tahan sunda untuk mencari makanan khas sunda di atas!

 

 

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: