√11+ Makanan Khas Surabaya Nikmat dan Nyaman di Perut {Terfavorit}

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tetang makanan khas Surabaya yang mungkin di antara kalian ada yang penasaran.

Sudah banyak penjual makanan khas Surabaya di Jakarta dan sekitarnya. Jadi gak usah khawatir lagi buat mencari makanan khas surabaya di kota-kota anda.

Saking banyaknya kuliner di kota Surabaya ini. Anda tidak akan cukup memburu seluruh kuliner khas Surabaya dalam waktu hanya satu hari.

Melainkan anda harus membutuhkan waktu lebih dari itu. Anda bisa mencari makanan khas Surabaya ini mulai di restoran, toko oleh-oleh khas Surabaya, dan mungkin juga berada di gang-gang kecil.

Belum ada waktu pergi ke Surabaya? Nih saya kasih tau deh apa saja makanan yang bisa anda cicipi dan yang pasti bisa bikin anda ngiler!

Makanan Khas Surabaya Sate Kelapa

sate kambing, Makanan Khas Surabaya Sate Kelapa, sate madura
cookpad.com

Aneh gak sih? Kelapa di buat sate. Yang ada kan kelapa dibikin es, klo ini kelapa dibikin sate. Tenang aja kok, sate ini tetap berbahan dasar daging, lebih tepatnya daging sapi.

Menggunakan daging sapi yang segar. Sebelum dibakar daging sapi akan ditaburi irisan kelapa supaya menghasilkan rasa yang enak dan bikin nagih.

Soal rasa jangan diragukan lagi. Bagi anda yang sudah penasaran bisa mencobanya langsung di kota asalnya yaitu Surabaya.

Dengan daging yang empuk, ditambah kelapa yang gurih. Ini dia yang dinamakan rasa surga. Bagi anda yang ingin mencobanya bisa langsung ke tempatnya.


Harga: Sekitar Rp.17,000-18,000 untuk satu porsi


Sego Sambel

sambel goreng, sambel petis, Sego Sambel
travelingyuk.com

Bagi anda pecinta pedas, nih ada rekomendasi kuliner khas Surabaya Jawa Timur. Makanan ini buka di malam hari dan tutup ketika menjelang subuh.

Sebutkan 5 makanan khas surabaya yang anda ketahui? Saya yakin anda semua pasti tau, karena apa? Karena kuliner khas surabaya sudah sangat terkenal.

Kalau anda memang benar-benar ingin mencoba makanan yang satu ini. Anda harus rela mengantri dengan puluhan orang lainnya demi memenuhi keinginan anda itu.

Gak usah putus asa ketika melihat anterian yang panjang. Karena nantinya pengorbanan kita akan terbayar dengan rasa yang begitu nikmat.


Harga: Sekitar Rp.15,000 untuk satu porsi


Lontong Balap

lontong kupang, Lontong Balap, lontong sayur
cookpad.com

Lontong balap adalah salah satu kuliner legendaris Surabaya Jawa Timur. Dengan semua kerja keras dan konsisten makanan ini terus melambung dan masih banyak penggemarnya.

Jarang ada makanan yang sudah bertahun-tahun berdiri tapi masih banyak peminatnya. Mulai dari kalangan remaja dan anak muda, sampai orang dewasa. Semua suka dengan masakan yang satu ini.

Awal berdiri pada sekitar tahun 1958 dan sampai sekarang makanan ini masih sangat populer dan terkenal di Surabaya dan sekitarnya.

Makanan yang satu ini masih terus bertahan kepopulerannya karena masih menjaga rasa yang sangat nusatara dan sangat cocok untuk lidah masyarakat Indonesia.


Harga: Sekitar Rp.10,000 untuk satu porsi


Rujak Cingur

rujak buah, Rujak Cingur, rujak cingur
id.tastemade.com

Surabaya dikenal sebagai kota yang kaya akan wisata dan beragam kulinernya. Mulai dari makanan kering, makanan basah hingga makanan penutup.

Dimasak dengan resep-resep terbaik dan dipadukan dengan bumbu-bumbu khas nusantara yang pasti memiliki rasa yang enak dan juga nikmat.

Pemandangan yang sangat biasa ketika melihat antiran di semua warung makan yang menjajakan makanan khas Surabaya ini.

Rasa yang enak ditambah dengan beberapa bumbu rahasia khas nusantara yang bisa bikin kita untuk mencobanya lagi dan lagi.

Awas, jangan lupa ketika nanti kita sedang berada di kota Surabaya untuk mencicipi masakan yang satu ini. Selain rasanya yang enak, makanan ini juga sehat.


Harga: Sekitar Rp.45,000 untuk satu porsi


Kepiting Pedas

kepiting balado, Kepiting Pedas, kepiting bakar
garut.co

Makan kepiting bukan suatu hal yang mudah. Karena yang sudah kita ketahui bersama kalau kita memakan menu makanan kepiting. Pasti susah, karena ada cangkangnya yang keras.

Kita harus tau bahwa sesuatu yang nikmat harus melewati jalan yang berliku terlebih dahulu. Dibalik cangkangnya yang keras, ada segumpal daging yang sangat empuk dan gurih.

Tambah nikmat lagi jika anda mencobanya langsung di kota asalnya yaitu Surabaya. Makanan ini akan menjadi sebuah kenangan tersendiri untuk anda. Karena ia akan meninggalkan rasa yang begitu nikmat di dalam hati anda.

Kepiting Balado ini bisa menjadi salah satu makanan unik di Surabaya. Selain unik, makanan ini juga disukain dikalangan muda maupun tua, masyarakat lokal maupun wisatawan asing.


Harga: Sekitar Rp.13,500 – Rp.27,000 untuk per 100 gram


Tahu Campur Kalasan

Tahu Campur Kalasan
travelingyuk.com

Bagi anda yang bosen makanan tahu goreng. Nih, adan rekomendasi makanan yang berbahan dasar tahu juga, yaitu tahu campur kalasan, enak dan juga maknyus.

Biasanya tahu hanya di goreng menggunakan minyak dan dimakan dengan nasi hangat plus sambel. Nah, klo yang ini beda. Makanan khas Surabaya ini sehat dan juga bergizi.

Karena makanan yang satu ini dilengkapi dengan berbagai macam sayuran yang membuat makanan ini kaya akan gisi dan yang pasti menyehatkan.

Makanan ini bisa dinikmati dengan beberapa lauk lainnya, seperti perkedel dan juga daging. Semua itu pasti akan menambah makanan ini menjadi nikmat.


Harga: Sekitar Rp.20,000 untuk satu porsi


Tahu Tek dan Tahu Telor

tahu goreng, tahu coklat, Tahu Tek dan Tahu Telor
qraved.com

Bagi anda yang masih mengira bahwa makanan yang bernama tahu ini tidak sedap untuk dinikmati.

Nih ada makanan yang berbahan dasar tahu dan memiliki rasa yang luar biasa maknyus. Gak ada kata gak sedap untuk makanan yang satu ini.

Tahu yang sudah di goreng akan di potong dadu dan dikocok bersama telur. Kemudian tahu yang sudah tercampur dengan telur ini akan di goreng sampai benar-benar matang dan gurih.

Sehabis itu makanan ini siap untuk dihidangkan dengan beberapa bahan tambahan sebagai berikut. Toge, kentang goreng dan selanjutnya akan dilumuri dengan saus kacang yang the best lah.

Makanan yang satu ini juga bisa menjadi oleh-oleh khas Surabaya yang bisa ada nikmati bersama teman dekat maupun keluarga.


Harga: Sekitar Rp.11,000 – Rp.13,000 untuk satu porsi


Rawon Setan

rawon, soto daging, soto babat, Rawon Setan
wajibbaca.com

Rawon? gak mungkin ada orang yang tidak mengetahui makanan yang satu ini. Rawon adalah salah satu makanan kuah khas Surabaya Jawa Timur.

Tapi terkhusus untuk rawon setan ini ada beberapa yang spesial di dalan menu ini, diantaranya adalah, potongan daging yang lebih besar dari rawon biasanya.

Ditambah dengan kuah yang sangat segar dan beberapa sayuran yang akan membuar rawon ini semakin nikmat dan lezat.

Banyak sekali di kota Surabaya penjual yang menjual makanan yang satu ini, dan mungkin menjadi salah satu mata pencarian masyarakat Surabaya.

Jadi gak heran lagi jika makanan yang satu ini sangat mudah untuk ditemukan di pinggir jalan maupun di gang-gang kecil.

Bayangkan saja betapa nikmatnya Rawon Setan ini, tapi apa enak hanya sekedar membayangkannya saja. Anda harus segera mencobanya yah. Wajib!


Harga: Sekitar Rp.12,000 – Rp.30,000 untuk satu porsi


Makanan Khas Surabaya Semanggi Surabaya

semanggi surabaya, Makanan Khas Surabaya Semanggi Surabaya
dailywuz.com

Makanan khas Madiun bisa dengan pecelnya, kalau makanan khas Surabaya bisa dengan Semanggi untuk saingannya.

Tapi sayangnya makanan ini agak sulit untuk ditemukan di pinggir jalan. Karena susahnya untuk menyuplai bahan baku pembuatan semanggi Taman Bungkul ini yaitu daun semanggi.

Namun jika anda ingin sekali mencobanya. Anda bisa mecarinya di penjual keliling. Anda tau yang biasanya ada ibu-ibu naik sepeda lalu menawarkan jualannya?

Nah, mungkin anda bisa menemukan makanan ini di ibu tersebut. Namun hanya berlaku di kota Surabaya yah. Kalo di Jakarta mana ada seperti itu.


Harga: Sekitar Rp,10,000 untuk satu posi


Bebek Goreng Sinjay

bebek goreng, bebek bakar, Bebek Goreng Sinjay
malang-guidance.com

Mkanan yang satu ini memang bukan makanan khas Surabaya, melainkan makanan khas Madura. Tenang soal rasa pasti enak.

Lebih tepatnya kurang lebih anda akan menempuh perjalanan selama 1 jam dari pusat kota Surabaya untuk menjangkau lokasi dimana tempat Bebek Goreng Sinjay ini berasal.

Biasanya di warung makan yang menyuguhkan menu Bebek Sinjay ini laris besar. Bukan karena apa, melainkan karena rasanya yang begitu nikmat dan sangat digemari oleh semua kalangan.

Jika anda ingin mencoba makanan yang satu ini, anda bisa memilih beberapa versi penyajian Bebek Sinjay ini.

Mulai dari di goreng ataupun dibakar. Keduanya sama-sama enak, tinggal bagaimana hati anda memilih.


Harga: Sekitar Rp.25,000 untuk satu porsi


Soto Lamongan

Soto Lamongan, soto daging, soto babat
unileverfoodsolutions.co.id

Masih ngiler dengan makanan yang berkuah? Kuy lah mampi ke warung makan yang menyediakan Soto Lamongan. Ini bukan sembarang soto loh!

Soto lamongan adalah makanan yang bisa membuat lidah kita bergoyang ke kanan dan ke kiri menari-nari karena saking enak dan nikmatnya menu makanan yang satu ini.

Makanan yang satu ini biasanya disantap saat siang hari. Tetapi kalau anda ingin memakannya di luar jam itu gak ada masalah. Karena rasa gak pernah bohong.

Sekali enak ya akan terus enak selamanya. Mau di makan pagi hari, siang hari, malam hari, rasanya tidak akan berubah. Masih akan tetap sama. Enak bin maknyus.

Apalagi dengan tambahan koyanya. Beh, gak tau lagi deh mau kasih nilai berapa untuk makanan yang satu ini.

Sekedar informasi kalau makanan yang satu ini sangat cepat habis terjual. Biasanya akan habis pada jam makan siang.


Harga: Sekitar Rp.18,000 untuk satu porsi


Soto Gubeng Pojok

Soto Gubeng Pojok, soto daging, soto babat
idntimes.com

Lanjut lagi dengan menu yang berkuah yaitu Soto Gubeng Pojok. Memiliki rasa yang unik dan gurih membuat siapa saja akan jatuh cinta pada suapan pertama.

Jangan heran kenapa hampir semua menu makanan bernama soto selalu hampir ludes terjual di setiap jam istirahat siang.

Tapi sayangnya porsinya yang tidak banyak sush untuk memenuhi perut kita yang lapar, mungkin kalau anda ingin kenyang. Anda bisa menambahnya menjadi dua porsi.

Tapi gak papalah. Gak akan rugi juga kita kalau beli dua porsi, dengan rasa yang sedemikian enak masa rugi, ya ngga lah.

Wisata kuliner Surabaya murah meriah. Tunggu apalagi, buruan berkunjung ke kota Surabaya dan dapatkan beberapa makanan yang bisa memanjakan lidah anda.

Juga anda bisa membawa oleh-oleh khas Surabaya yang memang banyak orang yang menjajakannya di pinggir jalan. Dan juga bebarapa souvenir khas Surabaya.


Harga: Sekitar Rp.20,000 untuk satu porsi


Soto Ayam Ambengan

Soto Ayam Ambengan, soto daging, soto babat
travelingyuk.com

Masih dalam lingkungan keluarga soto, yaitu soto ayam. Semua makanan yang bernama soto ini pasti tidak akan habis varian bentuk dan rasanya.

Mulai dari soto babat, rawon dan yang akan kita bahas adalah soto ayam ambengan. Ambengan sendiri diambil dari nama toko yang menjajakan menu yang satu ini.

Biasanya restoran di Surabaya membuat menu soto dengan beragam varian menu dan rasanya. Mulai dari yang berbahan dasar daging ayam, sampai yang berbahan dasar iga sapi dan sejenisnya.

Saya sangat merekomendasikan Soto Ayam ini anda masukan kedalam daftar makanan yang akan anda buru ketika anda berkunjung ke kota Surabaya.


Harga: Sekitar Rp.22,500 untuk satu porsi


Lontong Kupang

soto, lontong sayur, Lontong Kupang
cateringmurahbali.com

Mungkin tidak banyak orang yang suka dengan rasa makanan yang satu ini. Ya, tapi kalau kamu tertarik bisa lah dicoba menu makanan yang satu ini.

Bagi anda yang suka dengan yang namanya hal baru. Nih, monggo cobain Lontong Kupang ini. Tapi bagi saya rasa enak kok. Sama seperti lontong pada umumnya.

Makanan ini memang bukan asli dari Surabaya. Namun apasalahnya jika anda bergeser sedikit untuk berkunjung ke Kota Sidoarjo. Karena Lontong Kupang ini adalah makanan khas Sidoarjo.

Rasa yang akan di hasilkan dari Lontong Kupan ini ialah rasa gurih nikmat dan akan dipadukan dengan sedikit asam, namun soal rasa tidak akan berubah. Akan tetap nikmat sampai akhir hayat.


Harga: Sekitar Rp.15,000 untuk satu porsi


Es Krim Zangrandi

es krim, zaman now, makanan penutup, Es Krim Zangrandi
pergikuliner.com

Warga Surabaya yang tidak mengetahui es krim yang satu ini sih keterlaluan, parah. Karena es krim ini tuh sudah berdiri sejak tahun 1930-an.

Menu yang satu ini menawarkan sensasi desert yang sangat nikmat dan istimewa. Ketika mulut kita sudah belepotan sehabis makan makaann khas Surabaya. Nah, ini dia ada pencuci mulut khas Surabaya.

Pencuci mulut atau makanan penutup ini memiliki varian rasa yang banyak. Sensasi pada gigitan pertama anda untuk es krim yang satu ini, anda akan dimanjakan dengan rasa zaman dahulu.

Anda akan dibawa bernostalgia dengan masa lalu. Awas jangan juga terlalu memikirkan masa lalu. Kita harus selalu berfikir kedapan yah.


Harga: Sekitar Rp.9,000 untuk satu porsi


Makanan Khas Surabaya Bubur Madura

bubur sumsum, bubur nasi, Makanan Khas Surabaya Bubur Madura
tinychilipepper.com

Masih dalam seputar makanan penutup khas Surabaya. Makanan ini terletak di Pasar Atom. Disana anda akan banyak mendapatkan makanan yang satu ini.

Karena banyak sekali pernjual Bubur Madura di pasar atom itu. Dari sudut selatan sampai ujung timur. Pokoknya mudah deh memenukan makanan yang satu ini.

Isi dari desert yang satu ini adalah bubur sumsum yang disiram dengan cairan gula merah. Kental manis dan mantap.

Masih banyak tambahan lainnya seperti ketan hitam dan putih, mutiara, biji salak dan klanting. Semuanya akan terasa manis ketika di makan berbarengan.

Habis makan makanan berat gak ada salahnya untuk mencicipi makanan penutup yang satu ini. Mulut anda akan di dimanjakan dengan rasa manis yang akan ditawarkan oleh makanan khas Surabaya yang satu ini.


Harga: Sekitar Rp.10,000 untuk 1 porsi


Cara Membuat Rujak Cingur

Bahan-Bahan:

Bahan Sambal Petis:

  1. 2 sdm Petis udang
  2. 10 cabai rawit segar pilihan
  3. Kacang tanah goreng secukupnya
  4.  1 sdm asam jawa
  5. 1/2 sdt terasi maknyus
  6. 1 buah pisang (di potong tipis-tipis)
  7. 1 sdm garam
  8. 1 sdm gula
  9. 1 sdm penyedap rasa (sesuai selera
  10. air (secukupnya)

Langkah-Langkah:

  • Cuci cingur sampai benar-benar bersih. Kemudia rebius menggunakan wajan hingga dagingnya benar-benar empuk. Setelah matang angkat dan tiriskan, lalu jangan lupa dipotong sesuai selera.
  • Cuci semua sayuran diatas. Kemudia potong sesuai selera anda masing-masing. Lalu rebus di tempat yang terpisan, dan merebusnya jangan terlalu lama. Karena ditakutkan vitamin yang terdapat di dalam sayuran akan hilang.
  • Goreng tahu dan tempe sampai warna keduanya berubah menjadi kecoklatan. Dan pastikan sudah benar-benar gurih.
  • Selanjutnya haluskan semua bumbu dengan cara menggunakan belender. Jika kamu ingin melakukannya dengan cara manual gak masalah kok. Terserah anda saja.
  • Siapkan piring lalu sajikan cingur tahu dan tempe goreng dan yang lainnya di dalam piring, susun rapi.
  • Sentuhan terakhir yaitu disiramkannya bumbu kacang diatasnya. Bagi anda yang ingin menambahkan bawang goreng silahkan. Inilah Rujak Cingur Khas Surabaya sudah siap untuk disantap.

Cara Membuat Semanggi Surabaya

Bahan-Bahan:

  1. 250 gram daun semangggi segar
  2. 1 ikat sayur kangkung segar
  3. 1 bungkus toge segar

Bahan Pelengkap:

  1.  2 bunder bawang putih (yang sudah dihaluskan)
  2.  3 butir bawang merah (yang sudah dihaluskan)
  3.  3 cabai merah (yang sudah dihaluskan)
  4.  1 cm kencur harum (yang sudah dihaluskan)
  5.  7 cabai rawit segar (yang sudah dihaluskan)
  6.  250 gram singkong (sudah direbus)
  7.  100 gram kacang tanah
  8.  Petis udang (secukupnya/ sesuai selera)
  9.  350 ml air bersih/matang

Langkah-Langkah:

  • Kukus singkong sampai benar-benar lembuh dan empuk. Kemudian haluskan singkong.
  • Goreng 1 genggam tangan kacang tanah yang sudah dicuci sampai matang dan garing.
  • Rebus semua sayuran diatas. Inget, jangan terlalu lama. Karena nanti dikhawatirkan kandungan yang ada di dalam sayur tersebut hilang.
  • Haluskan bawang merah dan putih, cabai rawit dan kencur sampai benar-benar lembut dan halus, dan pastikan semua bumbu tercampur merata.
  • Siapkan wajan untuk memanaskna minyak. Jika minyak sudah matang tumis bumbu yang tadi sudah dihaluskan sampai mengeluarkan bau harus yang segar.
  • Masukan kacang tanah sambil sesekali diaduk. Agar semua bahan tercampur merata.
  • Masak menggunakan api kecil. Kemudian masukan singkong yang sebelumnya sudah dihaluskan. Tambahkan air dan terus aduk supaya bagian bawah wajan tidak gosong.
  • Jangan lupa masukan juga petis udang secukupnya dan gula meran yang sudan dihaluskan. Tambahkan gula dan garam. Aduk terus sampai saus mengental dan siap disajikan.
  • Siapkan piring dan tata sayran sedemikian rupa, pokoknya yang rapi deh. Lalu siramkan bumbu selagi hangat. Nah, selamat menikmati makana khas surabaya yang satu ini.

Cara Membuat Bubur Madura

Bahan-Bahan:

  1. 100 gram tepung beras yang sudah dihaluskan dengan tambahan sedikit santan
  2. 700 ml air santan (1 bungkus kara/ santan instan dan 600 ml air bersih)
  3. 2 lembar daun pandan segar yang sudah dipotong-potong tipis
  4. 1/2 sendok makan garam

Bahan Untuk Candil Ketan:

  1. 150 gram tepung beras atau tepung ketan
  2. 1/3 sendok teh garam
  3. air bersih secukupnya
  4. 750 ml air bersih yang disediakan untuk merebuh gula
  5. 150 gram gula jawa atau gula merah, yang akan dicairkan
  6. 2 lembar daun pandan segar (dipotong tipis-tipis)

Bahan untuk Bubur Ketan Hitam:

  1. 100 gram beras hitam (rendam selama 3 jam)
  2. 1 liter air bersih/matang
  3. 50 gram gula pasir
  4. 1/2 sendok teh garam
  5. 2 lembar daun pandan segar (lebih boleh kok)

Bahan Untuk Sagu Mutiara:

  1. 100 gram tepung/sagu mutiara
  2. 4 sendok makan gula pasir
  3. 600 ml air bersih/matang
  4. 2 lembar daun pandan segar (boleh lebih kok)

Bahan Untuk Kuah Santan:

  1. 500 ml air santan dari 1 buah kelapa muda ataupun tua
  2. 1/2 sendok teh garam
  3. 2 lembar daun pandan segar (boleh lebih kok)
  4. 2 sendok makan tepung beras yang sudah dicairkan dengan air bersih

Bahan Untuk Sirup Gula Merah:

  1. 200 gram gula jawa atau gula merah
  2. 250 ml air bersih/matang

Langkah-Langkah:

1. Bubur Sumsum:

Campurkan tepung beras dan garam secukupnya. kemudian cairkan dengan sedikit santan. Aduk hingga merata. Masak sisa santan dan daun pandan sampai mendidih.

Tuangkan cairan tempung beras yang tadi sudah di larutkan bersama garam ke dalam santan dengan terus diaduk. Aduk terus sampai benar-benar matang sempurna. Lalu angkat.

2. Bubur Candil:

Campurkan tepung ketan bersama garam. Tambahkan air secukupnya sambil sesekali diaduk, supaya ditak menggumpal. Kalau adonan sudah mengental anda bisa membentuk bulat seperti kelereng.

Siapkan wajan untuk merebus air, gula jawa dan juga daun pandan. Rebus hingga benar-benar mendidih. Setelah mendidih masukan bola-bola yang sebelumnya sudah anda buat ke dalan wajan,

Tunggu sampai bola-bola benar-benar matang merata dan mengapung. Jangan lupa tuangkan lerutan tepung beras yang tadi dan aduk merata. Lalau angkat.

3. Bubur Ketan Item:

Cuci beras hitam yang tadi sudah anda rendam. siapkan wajan dan rebus ais hingga mendidih. Setelah mendidih masukan gula, daram dan tak lupa daun pandan, masukan juga ketan hitam dan terus aduk rata.

Masak sampai benar-benar ketan itemnya matang dan mengental. Setelah ketan matang dan sudah terlihat berubah menjadi bubur. Segera angkat.

4. Bubur Sagu Mutiara:

Rebuslah air bersih, tepung sagu mutiara dan juga daun pandan, Masak hingga air kira-kira sudah seperempat, Sehabis itu masukan gula pasir. Aduk sampai benar-benar larut dan matang sempurna.

Kalau sudah matang segera matikan kompor, tutup wajan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudia sagu mutiara akan mengembang dan siap untuk disajikan.

5. Kuah Santan:

Resbuslah santan dan jangan lupa tambahkan garam secukupnya. Tambahkan juga daun pandan dan sesekali diaduk bertujuan agar si santan tidak pecah, Kalau sudah mendidih masukan larutan tepung berasn yang tadi. Aduk merata. Dan angkat.

6. Sirup Gula Merah:

Rebuslah air bersih dan gula merah sampei mendidih dan tunggu sampai gula bener-benar larut tercampur dengan air. Setelah itu angkat dan saring.

7. Penyajian:

Tata cantik si bubur sumsum, ketan hitam dan sagu mutiara serta jandil dalam mangkuk. Sirami santan dan cairan gula merah. Makanan khas surabaya ini siap untuk disantap.

Penutup

Masih mau berdiam diri dirumah sambil ngelap iler yang dari tadi sudah bercucuran? Buruan mampir ke kota Surabaya ini.

Cobain semua makanan khas Surabaya. Gak bakal nyesel, santai ajh. Nikmati semua jajanan yang ada di Surabaya sambil berduaan boleh, santuy.

Mungkin sekian penjelasan tentang apa saja kuliner yang sangat terkenal di Surabaya dan sekitarnya. Gak usah ngiler dan gak usah baper.

 

Eh Komen Dong..

%d blogger menyukai ini: