Pengertian Materi Bulu Tangkis

Pengertian Materi Bulu Tangkis – Hai sahabat hijrah. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang materi dan pengertian bulu tangkis, atau yang biasa disebut dengan badminton.

Untuk materi bulu tangkis ini, kita akan membahas tentang teknik dasar bulu tangkis atau badminton, peraturan, pengertian, sejarah, manfaat dan gambar ukuran standar lapangan bulu tangkis.

Bulu tangkis sendiri adalah salah satu cabang olahraga yang dapat mengeluarkan keringat. Walau lapangannya tergolong kecil. Namun olahraga ini tetap seru dan eksis sampai sekarang.

Langsung saja berikut penjelasan tentang materi dan pengertian bulutangkis atau badminton.

Pengertian Materi Bulu Tangkis

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
sport.tempo.co
Bulu tangkis atau badminton adalah olahraga yang dimainkan oleh dua orang, yaitu satu lawan satu untuk tunggal. Serta dimainkan oleh empat orang yaitu dua lawan dua untuk ganda.

Olahraga raket ini adalah olahraga yang sangat legendaris dan masih tetap eksis sampai sekarang. Permainan bulu tangkis atau badminton ini bisa dimainkan oleh laki-laki maupun perempuan.

Permainan bulu tangkis atau badminton ini hampir sama dengan olahraga tenis. Pada umumnya bermain dengan cara memukul bola atau yang biasa disebut dengan kok.

Sejarah Bulu Tangkis

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
themoondoggiesmusic.com

Bulu tangkis ini diambil dari dua suku kata, yaitu bulu dan tangkis. Nama bulu yang diambil dari bentuk kok yang terbuat dari bulu angsa asli. Serta tangkis berasal dari cara permainan raket ini dengan cara menangkis.

Intinya permainan ini adalah memukul dan menangkis pergerakan dari kok tersebut.

Asal muasal bulu tangkis ini banyak sekali versinya. Ada yang mengatakan bahwa bulu tangkis ini berasal dan berkembang pada zaman Mesir kuno tepatnya 2000 tahun yang lalu.

Versi berikutnya adalah permainan ini berasal dari India, daratan Tiongkok dan sekitarnya. Yaa mau dari manapun asal olahraga bulu tangkis ini, saya akan tetap suka dengan permainan yang satu ini.

Rancangan peraturan bulu tangkis atau badminton ini pertama kali dibuat dan dirancang oleh klub badminton Bath pada tahun 1877.

Olahraga bulu tangkis ini sangat populer di wilayah Asia Timur dan Tenggara. Banyak sekali pemain rangking dunia bulu tangkis berasal dari Asia, baik Asia Tenggara maupun Asia Timur.

Penemu Bulu Tangkis

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
bobo.grid.id

Mari kembali ke 2000 tahu yang lalu. Banyak sekali ilmuan dan ahli yang mengatakan bahwa yang menemukan olahraga bulu tangkis ini adalah bangsa Yunani kuno, India dan China.

Ada yang unik dengan pemain bulu tangkis bangsa China pada zaman dahulu. Dimana mereka bermain tidak menggunakan raket. Hanya menggunakan kok saja.

Pemain tersebut bernama (jianzi). Mereka akan menjaga shuttelcock supaya tidak menyentuh tanah tanpa menggunakan tangan mereka. Aneh bukan?

Manfaat Olahraga Bulu Tangkis

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
romadecade.com
Manfaat Olahraga Badminton
Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Olahraga yang satu ini memang sangat bermanfaat untuk menguatkan dan mengecangkan otot tubuh. Terlebih kita rutin menjalankannya.

Meningkatkan Kualitas Otak

Bermain badminton pastinya akan menggunakan ketajaman pikiran untuk menempatkan shottelcock dengan benar dan tepat. Volume aliran darah akan bergerak cepat ke arah jantung dan otak.

Dengan volume darah yang meningkat. Ini sangat bermanfaat untuk kinerja otak kita. Supaya tidak mudah pusing dan stres.

Menguatkan Otot Serta Sendi

Bermain olahraga yang satu ini pasti melibatkan banyak bagian tubuh yang bergerak. Salah satunya adalah otot tangan, kaki dan lainnya.

Otot sendi yang kuat dapat mencegah anda dari beberapa resiko terkena cedera saat memulai olahraga ataupun sehabis berolahraga.

Mengurangi Stres

Ketika anda rutin berolahraga badminton. Tubuh anda terasa bugar serta akan mengeluarkan hormon mood bahagia dan akan melepas semua kepenatan pikiran anda.

Disaat kita bermain badminton tubuh kita akan bergerak kesana dan kemari. Itu sangat efektif untuk melepaskan semua beban negatif yang bertumpuk di tubuh anda.

Mencegah Penyakit Datang

Pada umumnya semua olahraga dapat mencegah penyakit datang. Karena dengan kita rajin berolahraga, tubuh kita akan terjaga staminanya dan tidak akan muda sakit.

Yang terpenting anda harus istiqomah untuk membentuk tubuh yang sehat dan bugar. Dan jangan lupa selalu mengatur pola makan.

Peraturan Olahraga Badminton Atau Bulu Tangkis

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
rumus.web.id

Peraturan yang berlaku untuk olahraga Badminton atau bulu tangkis ini. yaitu sesuai dengan ketentuan IBF (International Badminton Federation). Kebijakan dan peraturan ini tidak hanya untuk peralatan dan perlengkapan saja.

Namun peraturan bulu tangkis ini berlaku juga untuk partai yang berkepentingan seperti contoh pada umumnya, yaitu produsen peralatan, seperti Yonex, Li Ning dan lainnya.


Cara Bermain Bulu Tangkis

  1. Para pemain badminton akan dipisahkan antara tunggal dan ganda. Untuk kedua partai bisa dimainkan oleh putra maupun putri. Untuk bagian ganda, terdapat ganda campuran. Yaitu pemain putra dan putri saling berpasangan.
  2. Pertandingan akan dipimpin oleh seorang wasit profesional dan akan dibantu dengan empat rekan wasit lainnya, yang bertugas untuk menjadi hakim garis.
  3. sebelum dimulainya pertandingan. Akan ada perncarian bola (siapa yang akan melakukan servis terlebih dahulu).

Teknik Dasar Bulu Tangkis

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
pixabay.com

Dalam permainan apapun kamu harus mempunyai skil terlebih dahulu, supaya disaat kamu bermain akan terasa lebih seru dan menyenangkan.

Teknik dasar badminton ini wajib dikuasai jika kamu berkeinginan untuk menjadi pemain bulu tangkis atau badminton profesional.

Berikut ini adalah beberapa teknik dasar badminton yang bisa kamu pelajari untuk menjadi pemain bulu tangkis profesional.

Cara Memegang Raket Atau Grip

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
perpustakaan.id

Teknik paling dasar dalam permainan badminton atau bulu tangkis ini adalah cara kita memegang grip raket yang akan kita pakai untuk bermain.

Cara seseorang memegang grip raket akan sangat berpengaruh kepada kualitas pukulannya. Untuk pemain bulu tangkis pemula wajib menguasai teknik dasar memegang raket yang benar.

Guna untuk melanjutkan ke teknik dasar permainan bulu tangkis yang berikutnya. Teknik untuk memegang grip pada raket bulu tangkis menjadi dua 2 macam, yaitu:

Cara memegang Raket
Pegangan Backhand

Cara memegang grip raket untuk backhand ialah dengan empat jari selain jari jempol memegang bagian depan grip, dan jari jempol ditempatkan pada bagian belakang grip raket.

Pegangan Forehand

Pegang raket dengan tangan kiri. Kemudia bentuk huruf (v) pada tangan. Kemudian peganglah raket seperti orang berjabat tangan. Tangan diletakkan pada bagian gagang raket.

Jari tengah, jari manis, jari kelingking menggenggam raket sedangkan jari telunjuk agak terpisah. Dan ibu jari sama saja seperti kita memegang sesuatu.

Hitting Position

Ini adalah posisi disaat kita ingin memukul bola atau kok. Waktu sekian detik sebelum kita memukul kok itu adalah hal yang nantinya menentukan kualitas pukulan kita.

Nah, berikut ini adalah hal-hal yang sangat perlu kalian perhatikan untuk menghasilkan pukulan yang berkualitas dan juga bertenaga.

Overhead Pegangan Tangan Kanan

Berikut ini adalah cara untuk melakukan overhead untuk pegangan pada tangan kanan.

  • Posisi badan kita harus sedikit menyamping ke arah net.
  • Posisi kaki kanan harus senantiasa berada di belakang kaki kiri, supaya tidak tersandung.
  • Ketika hendak memukul kok, harus ada perpindahan berat badan, dari kaki kanan ke kaki kiri, supaya lebih seimbang.
  • Posisi badan harus senantiasa berada di belakang kok yang akan dipukul.

Cara untuk memukul Underhand Net:

  • Salah satu kaki kita harus berada di depan. Mau itu kaki kanan atau kaki kiri.
  • Setelah itu kaki kanan sedikit di bengkokkan, supaya paha kita akan turuh sedikit kebawah.
  • Kerendahan kaki kita disesuaikan dengan rendahnya kok yang akan kita pukul.
  • Kaki kiri harus selalu berada di belakang supaya menjaga keseimbangan. Kaki kiri hanya bergeser sedikit kedepan.

Footwork

Fungsi footwork ini adalah untuk menempatkan posisi badan yang seimbang dan bagus untuk melakukan pukulan yang baik dan benar.

Untuk menghasilkan pukulan yang berkualitas. Pemain harus memiliki posisi badan yang bagus dan seimbang serta memiliki kecepetan gerak.

Kecepatan tidak akan sempurna kalau gerakan kaki salah. Maka dari itu, semua komposisi dalam teknik dasar badminton ini sangat berguna untuk kita.

Teknik Pukulan Bulu Tangkis Atau Badminton

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
lensabulutangkis.web.id

Melakukan pukulan yang berkualitas. Bertujuan untuk menempatkan shuttlecock ke lapangan bagian lawan. Tepat dan terarah.

Terdapat berbagai macam teknik memukul shuttlecock. berikut penjelasannya.

Penjelasan Servis Shuttlecock

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
bulutangkis.com

Servis adalah pembuka didalam permainan atau olahraga bulu tangkis. Servis akan dilakukan setelah bola mati. Jika servis kita salah. Maka itu akan menguntungkan bagi lawan serta lawan akan mendapatkan poin.

Servis yang tanggung akan berakibat sangat fatal. Karena lawan bisa saja mengembalikan servis kita dengan arah yang sulit kita jangkau.

Oleh karena itu, kita juga harus menguasai teknik servis badminton yang benar. Teknik memukul shuttelcock sangat diperhatikan dalam olahraga ini.

Pengertian Materi Bulu Tangkis Pukulan Servis

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
sportstv.com.tr

Kita akan memukul shuttlecock ke lapangan bagian lawan untuk mencari poin yang tentu saja menggunakan raket. Berikut penjelasan tentang macam-macam jenis servis badminton atau bulu tangkis.


Servis Cambuk

Servis cambuk ini ada beberapa macam:

  • Servis mendatar
  • Servis panjang
  • Servis pendek

Pukulan Lob

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
aa.com.tr

Pukulan jenis ini adalah dengan memukul shuttlecock setinggi-tingginya dan mengarahkan pada sudut paling ujung belakang lapangan. Pukulan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara.

  • Overhead lob: Pukulan yang satu ini dilakukan dengan shuttlecock berada di atas kepala. Kemudian kita pukul dan mengarahkan ke bagian belakang lapangan.
  • Underhand lob: Pukulan yang satu ini dilakukan dengan shuttlecock bedara di bagian bawah. Kemudian kita pukul setinggi-tingginya dan arahkan ke bagian belakang lapangan.

Pukulan Smash

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
masterbulutangkis.com

Jenis pukulan yang satu ini adalah jenis pukulan yang cepat dan tajam. Bertujun untuk mematikan gerakan lawan yang tidak siap dengan hadirnya shuttlecock yang keras dan tajam.

Pukulan smash ini dapat dilakukan dengan berdiam diri atau bisa juga dengan melompat yang biasa desibut jump smash. Jika anda ingin melakukan hal ini, anda harus menguasainya terlebih dahulu.

Manfaat pukulan smash bagi pemain yaitu dapat meningkatkan percaya diri. Serta membuat lawan kewalahan ketika menghadapi kita. Beikut ini adalah penjelasan tentang pukulan smash.

  • Perhatikan pegangan tangan kita kepada raket. harus kuat dan stabil.
  • Posisi badan harus tegak dan seimbang, Lutut kaki sedikit di bengkokkan dan berkonsentrasi pada shuttlecock yang ingin kita arahkan.
  • Atur jarak raket dengan shuttlecock. Pastikan shuttlecock berada di atas kepala, supaya pukulan yang dihasilkan akan sempurna.

Pukulan Netting

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
onlydave.tumblr.com

Jenis pukulan yang satu ini dilakukan dengan pelan persis didepan net serta diarahkan ke net bagian lawan. Pukulan netting usahakan shuttlecock kita tepatkan persis di depan jaring net.

Faktor yang sangat mempengaruhi kualitas pukulan netting kita ialah gerakan kaki, lengan, posisi badan serta posisi raket yang kita pegang.

Berikut ini adalah penjelasan dan cara bagaimana menghasilkan pukulan netting yang benar dan baik.

  • Pegang raket dengan posisi tangan sedikit di bengkokkan dan pergelangan ditarik sedikit kebelakang.
  • Disaat memukul shuttlecock, posisi kaki kanan berada di depan dan pukul bola secara pelan, dan usahakan setipis mungkin dengan net.

Pukulan Dropshot

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
wallpaperhd99.blogspot.com

Jenis pukulan yang satu ini adalah dengan mengarahkan shuttlecock ke bagian lapangan daerah lawan yang berada dekat dengan net.

Dropshot yang baik apabila shuttlecock jatuh sebelum garis ganda dan tidak sedikitpun terkena jaring net. Nah, itu baru namanya dropshot yang sempurna.

Pukulan dropshot ini harus dilakukan dengan konsentrasi agar shuttlecock benar-benar jatuh sangat tipis dengan garis ganda.

Berikut ini adalah penjelasan dan cara bagaimana menghasilkan pukulan dropshot yang benar dan sempurna.

  • Pastikan anda menggunakan pegangan jenis forehand.
  • Posisi raket sejajar dengan bahu.
  • Posisi badang harus miring ke arah net, dan posisi kaki kanan harus berada di belakang kaki kiri. Ketika ingin memukul shuttlecock harus ada perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri.
  • Ingat! Posisi badan harus senantiasa berada di belakang shuttlecock.
  • Pada saat raket mengenai shuttlecock. Kita harus mendorongnya dengan sentuhan yang halus.
  • Gerakan terakhir, raket harus sejajar dengan posisi shuttlecock.
  • Perhatikan keseimbangan beban tubuh anda pada saat atau sesudah melakukan dropshot.

Pukulan Drive

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
wallpaperhd99.blogspot.com

Jenis pukulan yang satu ini adalah pukulan yang cepat serta mendatar. Berbeda dengan pukulan smash. Biasanya pukulan jenis ini dilakukan oleh pemain ganda, baik ganda putra, putri ataupun ganda campuran.

Pukulan drive ini memaksa lawan untuk mengambil posisi bertahan atau menghindari serangan cepat dari lawan.

Pukulan yang satu ini memerlukan kekuatan otot bahu supaya mendorong shuttlecock dengan tepat dan cepat. Guna juga untuk membuat lawan keget.

Ukuran Lapangan Badminton Atau bulu Tangkis

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
informazone.com

Lapangan bulu tangkis atau badminton berbentuk persegi panjang dengan net yang memisahkan untuk daerah sendiri dan dareah lawan.

Standar ukuran lapangan badminton atau bulu tangkis yaitu 13,40 meter yang biasa dipakai untuk permainan tunggal maupun ganda. Berikut lebih lengkapnya.

  • Panjang standar lapangan badminton atau bulu tangkis 13,40 meter.
  • Lebar standar lapangan badminton atau bulu tangkis 6,10 meter.
  • Jarak standar dari net hingga garis ganda 1,98 meter.
  • Jarak standar garis servis tengah dengan garis pinggir lapangan 3,05 meter.
  • Jarak standar garis servis belakang (khusus pemain ganda) dengan garis belakang lapangan 0,76 meter.
  • Jarak standar garis samping khusus pemain tunggal dengan garis pinggir lapangan 0,46 meter.
  • Tinggi standar tiang net 1,55 meter.
  • Tinggi standar net 1,52 meter.

Adapun lapangan untuk pemain bulu tangkis atau badminton junior yang diperuntukan untuk anak berusia dibawah 9 tahun. Berbeda dengan lapangan bulu tangkis pada umumnya.

Panjang lapangan hanya berukuran 10,05 meter dan lebarnya 4,40 meter saja. Wajar kalau lebih kecil, karena yang mainpun masih junior.

Cara Penghitungan Angka Atau Poin

bulu tangkis, badminton, sejaran bulu tangkis, teknik dasar bulu tangkis
materibelajar.co.id
Perhitungan di dalam permainan atau olahraga bulu tangkis yaitu dengan dua kali kemenangan. Pada awal tahun 2006 tepatnya pada bulan februari semua partai menggunakan metode ini.

Dengan dua kali kemenangan dari 3 set yang masing-masing didapatkan dengan sistem rally poin. Setiap pertandingan hanya 21 pin.

Jika nantinya kedudukan 20-20. Maka set akan terus dilanjutkan dengan sebutan (yus). Hingga mencari siapa yang akan memimpin 2 poin diatas lawannya.

Jika kesalahan dalam servis (shuttlecock tidak melewati net dan keluar lapangan atau garis), maka poin akan jatuh ke tangan lawan.

Perlengkapan Bermain Bulu Tangkis Atau Badminton

Sangat diperlukan perlengkapan yang memadai untuk menghasilkan permainan yang aman dan nyaman. Berikut adalah perlengkapan bulu tangkis yang wajib kamu punya.

Raket Badminton

raket badminton, raket bulu tangkis
rivaisport.com

Raket pada zaman dahulu terbuat dari kayu. Namun seiring berkembangnya zaman, reket sekarang suda terbuat dari bahan-bahan pilihan. Seperti alumunium dan yang lainnya.

Sepatu Badminton

sepatu badminton, sepatu bulu tangkis, sepatu
elevenia.com

Sepatu termasuk dalam perlengkapan yang cukup penting bagik anda yang ingin bermain olahraga badminton. Bertujuan untuk menjaga keseimbangan dan membantu tubuh kita supaya bergerak lincah.

Kok ( shuttelcock ) Badminton

kok, shuttelcock badminton
tokopedia.com

Mau bermain bulu tangkis tapi gak ada shuttelcock? Gak akan bisa. Kamu harus menyediakan banyak shuttelcock untuk jaga-jaga apabila nantinya shuttelcock yang kita pakai bermain rusak.

Net Badminton

net badminton, net bulu tangkis, jaring net
indiamart.com

Net adalah pembatas dari lapangan daerah kita dengan lapangan daerah lawan. jika tidak ada net, maka pertandingan tidak akan seru dan justru berantakan.

Penutup

Pengertian materi bulu tangkis ini bisa menjadi bahan pembelajaran untuk anda yang berkeinginan menjadi pemain bulu tangkis atau badminton profesional.

Ia yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayar pada suatu saat akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjakan

Eh Komen Dong..

%d blogger menyukai ini: