Pengertian Puisi Besarta Unsur-Unsurnya

Siapa diantara kalian yang suka membaca puisi ataupun yang gemar menulis puisi. Memang, puisi itu adalah sebuah karya tulis yang indah dan juga menarik. Sebelum itu, kamu harus tau pengertian puisi terlebih dahulu.

Puisi sangat digemari dikalangan anak remaja. Karena puisi mempunyai keindahan tersendiri. Puisi juga biasanya dijadikan sebagai captions instagram ataupun facebook. Buat yang penasaran, kuy baca terus!

Pengertian puisi adalah sebuah teks atau suatu karangan yang dapat mengungkapkan sebuah pikiran dan perasaan yang lebih mengutamakan keidahan kata-katanya.

Dalam puisi kita dapat mengungkapkan suatu perasaan seperti kegelisahan dan kerinduan yang kamu salurkan menggunakan kata-kata indah.

Unsur Membentuk Puisi

Unsur Membentuk Puisi
steemkr.com

1. Majas dan Irama

Teks sebuah puisi adalah sebuah susunan kata yang mengutamakan majas dan irama.

Majas (figurative language) merupakan bahasa kias yang digunakan untuk menciptakan sebuah kesan tertentu untuk para pembaca dan penyimaknya.

Untuk menciptakan semua kesan-kesan tersebut, harus menggunakan bahasa seperti perulangan, pertentangan dan perumpamaan.

Majas yang sering sering digunakan adalah majas paralelisme, hiperbola, personifikasi meta fora dan majas perumpamaan.

Irama (musikalitas) adalah suatu alunan bunyi yang rapih dan teratur yang harus diulang-ulang. Irama sangat diperlukan untuk memperindah sebuah puisi.

Dengan irama itu. Kita dapat memberikan sebuah emosi seperti kecewa, marah, sedih, rindu dan juga bahagia. Puisi tanpa irama seperti tidak ada bobot dan makna dalam puisi tersebut.

2. Menggunakan Kata-Kata Konotasi

Kata-kata konotasi adalah sebuah kata yang bermakna tidak dengan arti sebenarnya. Semua kata-kata itu sudah terjadi penambahan berdasarkan pengalaman, kesan, pesan, imajinasi ataupu perasaan sang penyair tersebut.

Kata-kata didalam puisi juga banyak yang menggunakan kata-kata konotatif. Kata-kata konotatif adalah sebuah kiasan atau suatu perbandingan.

3. Kata-Kata Berlambang

Puisi juga penting dalam penggunaan simbol atau suatu gambar yang dapat menyatakan maksud atau perasaan tertentu.

Misalnya seperti rantai kapas dan padi dalam lambang garuda pancasila. Tunas kelapa sebagai lambang pramuka. Semua lambang itu mempunyai arti tertentu yang umum untuk orang ketahui.

Untuk kata-kata dalam puisi sendiri seperti putih yang melambangkan kebersihan atau kesucian, adapun bunga yang melambangkan kecantikan, api yang melambangkan kemarahan dan baja yang melambangkan sebuah kekuatan.

4. Pengimajinasian Dalam Puisi

Pengimajinasian adalah suatu susunan kata yang dapat menciptakan khayal atau imajinasi bagi yang membacanya.

Dengan imajinasi tersebut pembaca seperti melihat (imajinasi visual), mendengar (imajinasi auditif), atau menyentuh (imajinasi taktil) semua yang mereka baca.

Baca juga: Kumpulan Puisi Tentang Guru Sang Pahlawanku, Dah Pokoknya Baca Aja!

Struktur Batin Puisi 

Struktur Batin Puisi 
pantun-puisi.web.id

1. Tema

Tema adalah ide pokok sang penyair untuk diungkapkan menjadi puisi. Tema akan diam-diam tersirat dalam seluruh isi puisi.

Tema yang diungkapkan merupakan perasaan atau suasana hati. Bisa juga sebuah respon penyair terhadap lingkungan dan kenyataan.

2. Nada dan Suasana

Nada adalah suatu ungkapan sang penyair terhadap pembacanya. Sedangakan suasana adalah suatu perasaan jiwa pembaca yang timbul sehabis membaca puisi tersebut.

Pokoknya nada dan suasana di dalam puisi sangat berkaitan. Supaya dapat menciptakan perasaan terhadap pembacanya.

3. Perasaan Dalam Puisi

Puisi adalah suatu perasaan yang diungkapkan sang penyair menggunakan kata-kata. Jika sang penyair ingin mengungkapkan keindahan alam maka sarana ekspresinya akan menggunakan imaji-imaji.

Dan majas serta diksi yang akan mewakili seluruh makna yang terkandung dalam keindahan alam tersebut.

4.  Amanat

Amanat adalah suatu pesan yang ingin disampaikan oleh sang penayair di dalam puisinya. Pesan tersebut tersembunyi di antara bait-bait puisi. Dan amanat akan selaras dengan tema pada puisi tersebut.

Pengertian Puisi

Pengertian Puisi
hetboekenschap.nl

Dengan semua penjelasan tentang pengertian puisi. kita banyak sekali mendapatkan ilmu tentang pengertian puisi.

Kita dapat mengetahui bahwa puisi merupakan jenis karya sastra berbentuk karangan yang menggambarkan perasaan sang penyair pada saat itu.

Puisi ternyata juga mempunyai autran seperti yang sudah dijelaskan diatas. Semoga penjelasan tentang puisi ini dapat menumbuhkan rasa cinta kita terhadap karya anak bangsa.

 

Eh Komen Dong..

%d blogger menyukai ini: