Wisata Taman Bunga Nusantara Beserta Sejarah dan Keindahannya

Kita akan membahas sebuah objek wisata yaitu Taman Bunga nusantara. Taman ini bukanlah taman bunga sembarangan. Anda akan takjub ketika berkunjung ke sana!

Bagi anda yang tinggal di kota Jakarta jangan khawatir! Karena Taman Bunga Nusantara ini tidak terlalu jauh dari ibukota Jakarta.

Taman ini memiliki daya tarik tersendiri dan menjadi refrensi liburan anda bersama keluarga. Sebelum lebih jauh lagi membahas taman bunga ini.

Kita harus cari tahu asal-usul objek wisata Taman Bunga Nusantara Bogor ini.

Sejarah Berdirinya Taman Bunga Nusantara

Sejarah Berdirinya Taman Bungan Nusantara
Sumber : blog.airyrooms.com

 

Taman ini berdiri atas nama ibu Danil Bustani Arifin yang menjabat sebagai ketua umum Yayasan Bunga nusantara.

Taman Bunga Nusantara berdiri di atas lahan seluas 35 hektar. Dan mulai dibangun pada tahun 1992 dan ketika tahun 1993 terjadi pembangunan secara intensif sampai saat ini.

tujuan ibu Danil dan anggota yayasan bunga nusantara membangun taman ini adalah untuk membangun sebuah objek wisata yang berbasis agro wisata.

Karena pada masa itu jarang sekali wisata di Indonesia yang berkonsep agro wisata. Taman Bunga ini adalah salah satu pemilik konsep agro wisata yang sedang trend di Bandung dan Malang.

Selain bertujuan untuk aset wisata, Taman Bunga Nusantara ini mempunyai tujuan lain, yaitu:

  • Ingin membantu pemerintah untuk mengembangkan konsep agro wisata ini
  • Ingin membantu masyarakat untuk berkreasi dalam hal budidaya bunga, dan menyediakan fasilitasnya.
  • Membantu pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kita dan meningkatkan pendapatan para petani bunga.
  • Melestarikan tanaman langka baik yang berada di Indonesia maupun luar negeri.
  • Menciptakan rasa cinta masyarakat kepada tumbuhan terutama kepada bunga.
  • Menyediakan tempat rekreasi yang nyaman dan juga indah untuk masyarakat.
  • Membuka peluang bagi para petani untuk mendapatkan penghasilan.

Yayasan Bunga Nusantara Go Internasional

Yayasan Bunga Nusantara Go Internasional
Sumber : rajatourbandung.com

Salah satu ide pembangunan Taman Bunga Nusantara Indah tidak terlepas dari banyaknya prestasi Yayasan Bunga Nusantara di go internasional.

Yayasan ini juga kerep ikut serta dalam parade bunga di luar negeri. Salah satunya dalah parade kendaraan hias Tounament Of Roses, California.

Selama yayasan ini sering ikut serta dalam banyak parade. Yayasan ini selalu meraih penghargaan atas karya-karya Yayasan Bunga Nusantara ini.

Hal itupun adalah suatu kebanggan untuk bangsa Indonesia karena karya anak bangsa bisa di banggakan oleh dunia internasional.

Karena hal itulah Yayasan Bunga Nusantara menciptakan Taman Bunga Nusantara Bogor dengan tujuan keberadaannya bisa diakui oleh seluruh dunia.

Daya Tarik Taman Bunga Nusantara Bogor

Daya Tarik Taman Bunga Nusantara Bogor
Sumber : pantauanharga.com

Dengan lokasi yang berada di daerah ketinggian membuat suasana sekitar menjadi sangat sejuk khas pegunungan. Pastinya sangat cocok untuk para anak-anak.

Hamparan rumput hijau yang luas ditambah dengak bunga-bunga yang tersusun indah menghiasi objek wisata ini.

Objek wisata ini menawarkan macam taman yang mempunyai ciri khas masing-masing. Mari kita akan membahas taman apa saja yang ada disini.

Taman Air

Taman Air
Sumber : sharetempatwisata.com

Taman air ini adalah sebuah kolam yang cukup besar dengan beberapa jenis tanaman di atasnya. Air tidak hanya vital untuk manusia tapi keberadaan air juga sangat vital untuk tanaman.

Taman ini diisi oleh berbagai jenis tanaman yang tumbuh dengan vertikal ataupun dengan horizontal dan kebanyakan tanaman yang ada di sini berasal dari luar negeri.

Lihat saja tanaman Kana Air (Thalia Dealbata) tanaman ini bukan berasal dari Indonesia melainkan berasal dari Amerika Serikat bagian tenggara.

Ada juga Teratai raksasa (Victoria Amazonica) dan Giant Arum (Typonodorum Lindleyanum) yang berasal dari Amerika Selatan.

Taman Mawar

Taman Mawar
Sumber : nyeritain.com

Taman Bunga Nusantara Bogor ini mempunya taman yang di penuhi oleh beribu bunga mawar yang tersusun indah.

Memang taman ini di khususkan untuk bunga mawar saja. Tanaman ini berasal dari Cina dan telah banyak dibudidayakan di banyak negara kerena dapat tahan dengan 4 iklim sekaligus.

Walaupun tanaman ini bisa bertahan denga 4 iklim sekaligus. Tanaman ini juga harus rutin di siram, di pupuk dan penyiangan yang berkualitas supaya menghasilkan bunga yang indah.

Taman Perancis

Taman Perancis
Sumber : sharetempatwisata.com

Taman ini memiliki konsep bergaya ala-ala Perancis. Taman ini sangat memprioritaskan kerapihan, kebersihan dan keseimbangan bentuk kreatornya.

Di tempat ini anda akan disuguhkan pendangan tanaman Perdu Taiwan Beuty yang tertata rapi dan membentuk sebuah bingkai dengan bunga bunga berwarna-warni di tengahnya.

Jenis tanaman yang ada disini tidak terlalu berkonsep dengan Perancis. Taman ini lebih mengutamakan kombinasi bunga-bunga agar menyatu dengan taman ini.

Dengan anda menginjakkan kaki di taman ini, di jamin semua penat yang anda rasakan akan hilang dalam sekejap karena telah luntur dengan keindahan taman ini.

Taman Rahasia (Labyrinth)

Taman Rahasia (Labyrinth)
Sumber : travellink-indonesia.com

Kalau anda pernah menonton film “Maze Runner” pasti bisa menebak konsep taman ini. Yaitu sebuah taman dengan sebuah labirin di dalamanya.

Bagi anda yang penasaran seperti apa sensasi ketika berada di dalam sebuah labirin. Anda harus datang ke Taman Bunga Nusantar Bogor ini.

Jangan khawatir tidak bisa keluar dari labirin ini. Karena labirin ini terbuat dati tanaman, tidak seperti labirin di film Maze Runner yang terbuat dari beton. Pasti bisa keluar kok!

taman ini dirancang dengan pola Renaissance yang terinspirasi dari sebuah cerita mitologi Yunani kuno tentang monster yang menculik putri dan diselamatkan Theseus di sebuah jalan yang tidak ada ajungnya.

Taman Bali

Taman Bali
Sumber : cendananews.com

Taman ini merupakan sebuah bentuk apresiasi untuk Bali karena namanya sudah sangat terkenal di mata dunia internasional sebagai destinasi wisata.

Gak heran lagi jika semua bangunan di taman ini tidak akan asing lagi untuk kita. Karena sudah sering kita jumpai di Bali.

Bangunan di sini beragam macam bentuknya. Mulai dari patung, gapura di pintu masuk, bale kul-kul dan bale begong yang bisa anda temui di taman ini.

Bunga yang terdapat di taman ini di dominasi oleh bunga kamboja, kembang sepatu, helekonia dan beberapa tanaman tropis lainnya.

Taman Mediterania

Taman Mediterania
Sumber : sharetempatwisata.com

Taman yang satu ini adalah taman yang menyuguhkan berbagai tanaman yang hidup di  gurun pasir.

Di tempat ini anda akan bisa menemui banyak sekali jenis tanaman Kaktus dan Yucca. Jenis tanaman ini sangatlah kuat karena tidak terlalu bergantung dengan air.

Jenis-jenis tanaman Kaktus yang tumbuh di tempat ini adalah Cephalocereus Senilis, Notocactus Magnificus, Cereus Hexaginus dan Opuntia Rufida.

Semua tanaman kaktus ini di budidayakan seperti layaknya di tempat mereka berasal.

Taman Palem

Taman Palem
Sumber : sharetempatwisata.com

Jika anda sedang mengalami stres yang mendalam. Anda harus mencari hawa yang sejuk untuk menghilangkan semua rasa stres yang menimpa anda. Tempatnya adalah disini!

Di taman ini, pohon palem tumbuh dengan sangat suburnya dengan berbagai ukuran. Mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Jenis pohon palem yang ada di taman ini sekitar 100 jenis. Diantaranya adalah Palem Kipas, Screw Pine dari Madagaskar.

Ada pun pohon palem jenis Palem Alexandra dari Queensland Australia. Dan ada juga palem raksasa yaitu Cuba Royal Palem yang berasar dari negeri Kuba.

Taman Jepang

Taman Jepang
Sumber : dolandolen.com

Taman Jepang ini terinspirasi dari rumah-rumah jepang pada dahulu kala. Masyarakat Jepang pada zaman dahulu menyamarkan rumah mereka dengan tanaman.

Supaya bisa menimbulkan rasa aman bagi pada masyarakat ataupun untuk melindungi mereka dari serangan musuh.

Taman ini sangat mengedepankan konsep yang sederhana dengan unsur-unsur alami sebagai konsep yang paling utama.

Taman Rumah Kaca

Taman Rumah Kaca
Sumber : sharetempatwisata.com

Taman ini bisa di bilang sangat unik. Karena taman ini berada dalam sebuah ruangan kaca dengan luas 2000 x 2000 meter.

Di luar sana. Negara-negara maju memakai konsep ini atau yang sering disebut sebagai Green House untuk industri penghasilan bunga.

Rumah kaca ini bertujuan untuk melindungi bunga atau tumbuhan dari cuaca yang buruk. Rumah kaca ini bisa ditemukan di negara yang bercuaca ekstrim.

Bunga yang ditanam di dalam sini biasanya jenis bunga yang tidak akan kuat menahan hujan dan terik matahari di waktu siang.

Baca juga: 15 Tempat Wisata di Bogor yang Super Kekinian dan Keren Abis!

Hamparan Karpet dari Bunga

Hamparan Karpet dari Bunga
Sumber : sharetempatwisata.com

Di taman bunga ini terdapat sebuah hamparan bunga berwarna-warni yang tersusun rapi. Sekilas hamparan bunga tersebut mirip dengan karpet.

Alamat Lokasi Taman Bunga Nusantara 

Taman Bunga Nusantara bertempat  di di Jalan Mariwati KM.7, Kawungluwuk, Sukaresmi Cipanas – Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254.

Itulah Taman Bunga Nusantara yang bisa menjadi tempat berlibur untuk anda bersama teman-teman ataupun keluarga.

Selamat berlibur di Taman Bunga Nusantara!

 

Eh Komen Dong..

%d blogger menyukai ini: